Sukses

Itacho Sushi, Pilihan Menikmati Sushi Otentik Jepang di Indonesia

Itacho Sushi merupakan restoran sushi yang menyediakan sushi autentik Jepang kini hadir di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta “When I was kid, my family went to a sushi restaurant once in a while. We ate sushi at special occasions only. That’s my memory on sushi,” kenang Totori, seorang ekspatriat Jepang, saat ditanya Liputan6.com tentang bagaimana sesungguhnya citra kuliner tersebut di negri sakura itu sendiri. Diakui olehnya bahwa citra sushi mengalami perubahan. Sushi saat ini sudah lebih familiar dan bisa ditemui dalam harga-harga yang lebih terjangkau. Berbeda dengan saat ia kecil dulu dimana sushi dinikmati hanya pada kesempatan-kesempatan spesial dengan harga yang tergolong mewah.

Usai diwawancara, Totori kembali melanjutkan obrolan dengan 2 rekannya di Itacho Sushi, Grand Indonesia. Restoran yang menjadi latar perbincangan tersebut merupakan satu perwujudan dari apa yang diutarakan oleh Totori. Itacho Sushi, restoran sushi asal Hong Kong yang membuka gerai pertamanya di Indonesia pada Rabu 25 Februari 2015, mengusung konsep sushi berkualitas dengan harga terjangkau.

Dinding yang tersusun dari tiang-tiang kayu hadir memanjang di Grand Indonesia level 3A. Bertuliskan nama `Itacho Suhsi`, pengunjung mall yang melewati restoran itu bisa melihat ruang restoran dari celah-celah tiang kayu yang cukup lebar. Pencahayaan restoran ini terang. Jika ingin menikmati sensasi makan sushi yang sedikit berbeda, Anda dapat memilih kursi-kursi yang berhadapan langsung dengan tempat para juru masak bekerja membuat sushi. Suasana yang lebih privat bisa didapat di area kubikal.

Sebagian besar menu sushi yang ditawarkan Itacho Sushi tersaji sebagai 1 potong sushi. Beberapa lainnya memang ada yang berisi 2 atau lebih potong sushi. Sistem menu satuan di restoran ini memungkinkan pelanggannya untuk menikmati berbagai jenis sushi dalam sekali sesi makan. Saat itu ada sebanyak 7 jenis sushi yang dipesan Liputan6.com. Untuk mempermudah Anda memesan jenis sushi yang dipilih dari sekitar 50 varian yang tersedia, Anda bisa menyebutkan kode sushinya kepada pramusaji. Sushi Egg berkode 136 menjadi salah satu sushi berbentuk unik yang dipesan saat itu.

Dadar telur bentuk persegi panjang berada diatas nasi sushi dengan sebuah ikatan nori. Pada buku menu, sushi telur dadar seharga Rp 7.000 dengan rasa agak manis ini diberi tanda `Home Made`. Tanda-tanda yang terdapat di buku menu tersebut bisa membantu Anda mengenali sushi-sushi yang ingin dipesan. Sushi Roasted Eel (belut bakar) yang memiliki daging lembut dalam balutan saus bakar a la Jepang mendapat tanda `Hot Item` di buku menu. Sajian seharga Rp 28.000 itu memang menjadi salah satu delicious menu yang patut dicoba saat Anda berkunjung ke Itacho Sushi.

Tanda lain yang bisa dilihat pada buku menu adalah tanda jempol. Salah satu menu yang mendapat tanda ini adalah sebuah Warship Style sushi bernama Curry Lobster seharga Rp 11.000. Tak dinyana, rasa kari dari sushi yang utuh terbalut nori ini begitu terasa. Itacho Sushi juga menghadirkan pilihan menu yang seasonal, artinya hanya hadir pada waktu-waktu tertentu. Live Ark Shell, sushi berbahan jenis tiram seharga Rp 110.000, merupakan satu contoh seasonal sushi pada waktu Liputan6.com berkunjung restoran itu.

Untuk yang gemar raw fish, ada berbagai jenis sushi yang bisa dipilih di restoran ini. Seperti dijelaskan oleh Indra Samudra Juwono selaku Direktur Itacho Sushi Indonesia, sushi yang disajikan Itacho Sushi kepada pelanggannya dibuat dengan sistem made by order atau dibuat berdasarkan pesanan. When it comes to sushi, a question may arise regarding its authenticity. Meskipun para sejarawan kuliner bisa beda pendapat tentang asal-usul menu ini, secara kultural telah terpatri bahwa otentisitas sushi diukur dari tingkat kejepangannya. Seberapa Jepang kah Itacho Suhsi?

“The menu is authentic traditional Japanese food. I am so surprised,” testimoni Totori salah seorang tamu pembukaan Itacho Sushi Indonesia kepada Liputan6.com saat diwawancara. Pengakuan ekspatriat asal Jepang yang bekerja di sebuah perusahaan suplier alat masak itu menjadi penguat pernyataan Indra Samudra Juwono, Direktur Itacho Sushi Indonesia, yang mengatakan “90 persen sushi yang disajikan restoran ini adalah authentic sushi”. Dengan demikian, Itacho Sushi di Indonesia bukan sekadar menambah pilihan restoran sushi untuk Anda kunjungi, tapi juga menjadi satu tempat di mana Anda bisa mengenal sushi secara lebih otentik.

Lalu bagaimana dengan jenis-jenis sushi yang semakin banyak berkembang saat ini? Mengenai hal ini, Totori punya pendapat menarik. Menurutnya selain menjaga warisan sushi otentik, kehadiran sushi-sushi kreasi baru juga diperlukan. “Sushi must also be developed into new variants. Not only Japanese cuisine, but french or indonesian or any other cuisine need to be developed too. Without creating something new, there is no future,” ucap pria asal Jepang itu.

Well, perkembangan kuliner sebagai wujud pergerakan budaya memang merupakan satu kekayaan peradaban yang perlu dirayakan. Akan tetapi warisan kuliner tradisional berbagai bangsa juga baik tetap dijaga sebagai bagian dari harta peradaban manusia. Restoran yang mengusung konsep sushi otentik seperti Itacho Sushi adalah satu jalan mempreservasi hal itu. Bukan cuma soal menunya yang otentik, harga yang affordable akan membuat menu-menu otentik itu lebih banyak diakses dan dengan demikian terus dibuat.

Di mana Anda bisa menikmati sepotong Roasted Kagoshima Wagyu Beef dengan harga Rp 68.000? Daging wagyu di menu suhi ini dibakar dengan tingkat rare sehingga menghasilkan karakter daging yang masih juicy saat dikunyah. Di buku menu Itacho Sushi, sajian bertanda pesawat yang berarti bahan diimpor ini berkode 225. Itacho Sushi yang berdiri pertama kali didirikan oleh Ricky Cheng di Hongkong pada tahun 2005 kini sudah tersebar di beberapa negara, seperti Jepang, Cina, Singapura, dan Australia. Selamat menikmati.

 

 

(Fotografer: Panji Diksana - Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.