Sukses

5 Hal yang Bikin Asyik Berbelanja di IKEA

Ini dia beberapa hal yang membuat berbelanja di IKEA terasa mengasyikan.

Liputan6.com, Alam Sutera Berbelanja di sebuah toko tentunya dibutuhkan sebuah kenyamanan dan rasa senang saat melakukannya, terutama jika sedang berbelanja perabotan rumah tangga. Memilih berbagai perabot rumah tangga bisa membutuhkan waktu yang cukup panjang karena Anda akan merasa bingung untuk memilih kebutuhan rumah tangga tersebut, terlebih lagi jika produk yang ditawarkan menarik dan berdesain unik.

IKEA, sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai perabot rumah tangga dengan desain unik ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang menurutnya sangat penting karena berkaitan dengan kehidupan setiap orang. IKEA tidak hanya menawarkan berbagai produk cantik, tetapi juga fasilitas yang dapat membuat kegiatan berbelanja menjadi lebih menyenangkan. Berikut beberapa hal yang membuat IKEA dapat menjadi tempat yang asyik untuk berbelanja.

1. IKEA Memiliki Konsep Mandiri

Belanja mandiri yang ditawarkan oleh IKEA membuat konsumen menjadi lebih aktif dan mandiri. Tidak hanya melayani diri sendiri, belanja di IKEA juga menyenangkan karena konsumen bisa dengan leluasa memilih dan menghabiskan waktunya untuk melihat produk IKEA tanpa merasa dibuntuti oleh karyawan yang terus mengikutinya. Disisi lain, ini bisa melatih konsumen untuk lebih teliti dalam memilih barang karena ia harus mencatat dan mengambil barang sendiri sesuai kode barang.

2. Dapat Mengkombinasikan Barang

Beberapa barang tertentu seperti rak buku, dan meja bisa Anda kombinasikan di IKEA ini. Konsumen bisa memilih desain dan warna sesuai dengan keinginan dan konsep rumah sendiri. Seperti halnya konsumen bisa memilih bagian atas meja dan kaki meja dengan warna yang berbeda.

Tidak hanya itu saja, model kaki meja juga bisa ditentukan sendiri apakah ingin yang bentuk lurus, melengkung, atau lainnya. Pada lemari atau rak buku, konsumen juga bisa mengkombinasikan warna yang berbeda pada setiap rak. Selain bisa memuaskan hati konsumen, cara ini juga bisa melatih kreativitas sehingga konsumen bisa mendapatkan barang sesuai dengan harapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Asyik 3-5

3. Memiliki Berbagai Fasilitas Menarik

Tidak hanya sebagai tempat belanja, IKEA juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat bermain anak, Restoran IKEA, serta IKEA Bistro & Swedish Food Market. Tempat bermain anak ini disediakan bagi anak-anak yang akan menunggu orang tuanya berbelanja. Biasanya anak-anak akan dititipkan di tempat ini sehingga para orang tua bisa dengan leluasa. Tempat bernama Smaland ini memiliki konsep seperti di hutan dan menyediakan berbagai permainan serta ruang untuk tidur dan menonton bagi anak.

Restoran IKEA juga menerapkan konsep mandiri dengan pelayanan yang unik yaitu konsumen dianjurkan untuk membersihkan meja dengan mengembalikan peralatan makan dan baki ke tempat yang telah disediakan. "Perilaku ini dianggap sebagai latihan disiplin yang baik untuk anak-anak yaitu membersihkan meja makan setelah menggunakannya," ungkap Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA.
IKEA juga menyediakan berbagai jajanan khas Swedia seperti biskuit gandum, biskuit jahe, es krim, dan berbagai keripik.

 

4. Ramah Lingkungan

Produk IKEA sebagian besar berbahan dasar kayu dan besi, hanya sedikit produk yang berbahan dasar plastik. Kayu yang digunakan oleh produk IKEA ini di dapatkan dari berbagai hutan di seluruh dunia. Namun, kayu yang digunakan juga harus sudah memenuhi syarat dan tentunya legal secara hukum. Tidak hanya itu, IKEA juga mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan tas daur ulang yang bisa dibeli di dekat kasir dan konsumen bisa membawanya kembali jika ingin berbelanja kembali di IKEA. Selain itu, lampu yang dijual di IKEA merupakan lampu LED yang hemat energi. Hal inilah yang membuat IKEA menjadi ramah lingkungan karena tidak melakukan illegal logging dan tidak menggunakan plastik dalam pengemasan.

 

5. Hemat Biaya

Produk IKEA merupakan produk yang bisa dibongkar pasang sehingga dapat dirakit sendiri di rumah. Hal inilah yang membuat IKEA memiliki kemasan datar sehingga dapat menghemat ruang pengangkutan barang. Disisi lain, konsumen juga bisa mendesain barang sendiri sehingga dapat menghemat biaya untuk membeli produk karya para perancang dengan harga terjangkau. Marketing Manager, Eliza Fazia mengungkapkan bahwa mereka merancang kemasan secara datar agar pelanggan dapat berhemat. Kemasan datar dapat mengoptimalkan muatan dan menggunakan lebih sedikit transportasi serta mengurangi emisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.