Sukses

Tips Agar Badan Tetap Fit Saat Traveling dengan Pesawat

Jangan sampai perjalanan wisata Anda terganggu karena harus traveling menggunakan pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Traveling merupakan pilihan praktis untuk melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari. Jadi, sudah dapat dipastikan apabila kegiatan relaksasi ini tidak ingin diwarnai dengan penyakit menjengkelkan yang ikut hadir.

Jika Anda traveling dengan menggunakan pesawat, kemungkinan risiko terjangkit penyakit cukup tinggi. Terlebih lagi, sakit saat pesawat mengudara atau penyakit lain yang dapat membuat Anda merasa lelah.

Jadi, buatlah perjalanan mengudara Anda menjadi pengalaman yang lebih sehat dan menyenangkan dengan melakukan tips-tips berikut yang dilansir dari laman Reader's Digest, Minggu (1/3/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Traveling dengan Pesawat 1-3

1. Tingkat Sistem Imun

Konsumsi echinacea dan Vitamin C selama tiga hari berturut-turut sebelum penjelajahan dimulai. Ingat, terdapat berbagai macam kuman di dalam pesawat.

2. Siapkan Cemilan

Bawalah sebotol dan beberapa cemilan sehat. Ini bukan hanya berguna mengisi perut saat mengudara, tetapi mengisi waktu ketika kemungkinan pesawat mengalami keterlambatan.

3. Waspadai Penggumpalan Darah

Pernah mendengar trombosis vena atau yang dikenal sebagai `sindrom kelas ekonomi`? Ketika Anda duduk tanpa bergerak selama berjam-jam, hal tersebut dapat menyebabkan pembekuan darah. Pembekuan darah dapat menyebabkan organ dalam tubuh mengalami penurunan fungsi atau beku. Oleh karena itu, tablet asam asetilsalisilat (ASA) yang ditemukan dalam aspirin dapat berguna untuk mengencerkan darah dan gumpalan mengecil.

3 dari 4 halaman

Tips Traveling dengan Pesawat 4-7

4. Minum Teh

Bawa atau pesan secangkir teh hangat agar Anda bisa merelaksasikan diri atau bahkan jatuh tertidur dengan nyenyak.

5. Hindari Melipat Kaki

Melipat kaki bisa menyebabkan dapat menyempitkan aliran darah dan meningkatkan risiko penggumpalan darag. Alih-alih duduk dengan menyilangkan kaki, lebih baik topang kaki Anda dengan beberapa barang di bagasi untuk membuat diri Anda lebih nyaman selama perjalanan.

6. Bersihkan Hidung dan Telinga

Jauhkan hidung dan telinga yang jelas dengan mengkonsumsi dekongestan sehari sebelum penerbangan Anda. Ini akan berguna untuk mengecilkan membran dalam sinus dan telinga.

7. Kunyah, Kunyah, Kunyah

Mengunyah permen, menelan makanan, atau menguap dengan lebar ketika pesawat sedang lepas landas atau mendarat akan membantu menyamakan tekanan di telinga bagian tengah.

4 dari 4 halaman

Tips Traveling dengan Pesawat 8-10

8. Hindari Konsumsi Alkohol

Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi alkohol selama penerbangan. Udara di pesawat sudah cukup kering tanpa konsumsi alkohol, juga kafein, yang akan membuat Anda lebih terdehidrasi.

9. Tetap Pakai Sepatu

Hindari melepaskan sepatu saat burung besi mengudara. Sebab, kaki Anda akan membengkak saat tekanan udara di kabin menjadi rendah dan Anda akan merasa tidak nyaman ketika mengenakannya kembali.

10. Pakaian Berlapis

Pakailah pakaian yang berlapis karena pesawat terkadang bisa terlalu panas atau terlalu dingin. Kontrol temperatur tubuh dengan menggunakan pakaian berlapis tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini