Sukses

Label Benetton Bekerjasama dengan PBB Bantu Korban Gedung Runtuh

Bennetton bekerja sama dengan PBB bantu korban runtuhnya pabrik tekstil Rana Plaza pada tahun 2013.

Liputan6.com Apa Anda masih ingat tragedi Rana Plaza? Hampir 2 tahun tragedi itu berlalu. Rabu 24 April 2013 di kota Dhaka, Bangladesh, gedung Rana Plaza runtuh. Bencana yang menimpa pabrik pembuatan pakaian ini dicatat mencabut sekitar 1.100 nyawa pekerja dan melukai 2.500 orang lainnya.

Tuntutan untuk dapat memproduksi barang fesyen dengan biaya murah sehingga dapat dijual dengan harga sesuai harapan konsumen telah berdampak fatal bagi pekerja di Rana Plaza. Sejak tragedi itu banyak label fesyen yang menyatakan komitmen untuk terciptanya kondisi kerja yang layak dalam membuat pakaian.

Atas dampak merugikan yang menimpa korban-korban runtuhnya Rana Plaza, label fesyen Benetton akan memberi sumbangsih pada Rana Plaza Donors Trust Fund. Selain itu, pada bulan April 2014 nanti akan diluncurkan program hasil kolaborasi label itu dengan United Nations Entity for Gender Equality and the Empowerment of Women (UN Women).

Seperti dilansir dari situs berita fesyen Women’s Wear Daily pada Sabtu (28/2/2015), tujuan dibuatnya program tersebut adalah untuk memperkuat peran perempuan dalam rantai produksi tekstil. Dijelaskan pula bahwa program ini dikhususkan utuk perempuan karena kelompok tersebut merupakan 80 persen bagian dari sumber daya manusia yang bekerja di bidang industri tekstil secara global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.