Sukses

Daur Ulang Barang Bekas dengan Cara Kreatif

Ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam mendaur ulang barang bekas di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Menyimpan barang yang sudah rusak dan tidak berfungsi lagi hanya akan membuat rumah terlihat berantakan. Meletakkan barang di gudang atau di dalam ruangan tertentu dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit dan rumit. Lebih baik, memanfaatkan kembali barang tersebut dibandingkan harus membuatnya lebih rusak atau bahkan membuangnya.

Selain dapat membuat barang menjadi lebih berguna, ini juga bisa menghemat biaya Anda untuk membeli furnitur baru. Cobalah gunakan beberapa cara kreatif ini untuk mendaur ulang barang-barang bekas. Dilansir dari Boredpanda, Kamis (26/02/2015) berikut beberapa ide kreatif yang bisa Anda terapkan untuk membuat furnitur baru dari barang bekas.


Anda bisa membongkar sepeda yang sudah tidak terpakai dan menggunakan beberapa bagian kecil seperti roda gigi (gear) untuk menjadikannya sebuah lampu gantung. Bayangan yang dipantulkan dari celah-celah roda dapat menghiasi isi ruangan dengan dorongan cahaya yang dipancarkan oleh lampu di dalamnya.

Anda bisa memanfaatkan piano bekas untuk menjadi rak buku yang unik seperti pada gambar di atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barang Bekas 3-5

Tidak hanya itu, piano yang sudah rusak juga bisa dijadikan air mancur untuk menghiasi taman rumah Anda.

Jika Anda memiliki palet kayu yang sudah tidak terpakai, cobalah untuk menjadikannya sofa yang nyaman di ruang keluarga. Ini dapat menghemat biaya untuk membeli sofa baru.

Tempat tidur bayi ini bisa dimanfaatkan untuk meja belajar Anda. Ini bisa menjadi meja yang unik dan berbeda dari yang lain.

3 dari 4 halaman

Barang Bekas 6-8

Koper bekas bisa Anda gunakan untuk lemari obat yang mungil. Ini bisa bermanfaat untuk menata rapi obat-obatan Anda dibandingkan harus membuang koper usang ini.

Jangan membuang pot yang sudah patah dan rusak. Anda masih bisa memanfaatkannya untuk menjadikan hiasan dengan membangun rumah mini untuk peri khayalan.

Sepeda tua yang sudah tidak terpakai juga bisa digunakan untuk menjadi wastafel yang lucu. Sleain berfungsi untuk mencuci tangan ini bisa mempercantik dekorasi rumah Anda.

4 dari 4 halaman

Barang Bekas 9-11

Manfaatkan skateboard bekas Anda untuk alat bermain di taman. Dengan menambahkan tali dan menggantungkannya pada pohon, Anda bisa membuat sebuah ayunan mini untuk tempat bermain di taman.

Bagi pecinta hewan lucu ini, Anda bisa memanfaatkan koper yang sudah tidak terpakai untuk menjadikannya tempat tidur imut bagi kucing kesayangan. (Mut/Liz)


Kursi ini terbuat dari gantungan baju yang disusun secara rapi. Anda bisa melakukannya untuk membuat kursi unik yang bisa dijadikan pemanis ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini