Sukses

Rumah Lebah Ini Bisa Menghasilkan Madu dengan Praktis

Rumah lebah ini dibuat untuk membantu para peternak lebah dalam memanen madu.

Liputan6.com, Jakarta Mengambil madu yang dihasilkan oleh sekumpulan lebah sangat sulit. Para petani lebah harus sangat berhati-hati dan menggunakan peralatan khusus agar tidak mengganggu dan membuat kumpulan lebah marah atau bahkan menyerang.

Dilansir dari Borepanda pada Minggu (22/02/2015), sepasang ayah dan anak tim peternak lebah di Australia, Stuart dan Cedar Anderson menciptakan penemuan baru yang luar biasa. Mereka membuat rumah lebah yang memungkinkan para peternak lebah dapat memanen madu dari sarang mereka tanpa harus mengganggu lebah yang ada di dalamnya.

Ide jenius ayah dan anak ini adalah membuat dinding rumah dilapisi dengan sarang lebah tempat mereka menghasilkan madu. Setelah mereka selesai mengisi sel-sel dengan madu, mereka akan mulai menutupnya dengan lilin yang dibuatnya sendiri. Ketika itulah para peternak lebah ini bisa mengambil madu dari sisi lain yang berbeda.

Dua peternak lebah ini juga membuat pipa atau keran tempat mengalirnya madu yang dihasilkan. Setelah madu dipanen oleh para peternak, lebah akan membuka kembali sel-sel yang ditutupi oleh lilin dan mengisinya kembali dengan madu yang baru.


Dengan cara ini, peternak lebah bisa memanen madu tanpa harus mengganggu lebah di dalamnya. Inovasi ini juga diharapkan dapat meringankan beban para peternak lebah dan mengurangi dampak yang bisa ditimbulkan seperti gatal-gatal atau sengatan yang mungkin ditimbulkan oleh kelompok lebah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.