Sukses

Sejarah di Balik Keindahan Gaun Cheongsam

Ini adalah sejarah gaun Cheongsam/Qipao yang menjadi pakaian untuk perayaan Tahun Baru Imlek.

Liputan6.com, Jakarta- Apakah Anda sudah memiliki pakaian khas Tiongkok untuk perayaan Tahun Baru Imlek? Pakaian khas Tiongkok ini merupakan sebuah gaun yang ketat dengan leher tinggi dan celah di sisinya. Pakaian ini berasal dari Kebangsaan China Manchu yang diberi nama Cheongsam. Banyak orang menggemari pakaian ini karena kecantikan dan modelnya yang indah. Namun, tahukah Anda sejarah mengenai pakaian Cheongsam ini?

Dilansir dari My-qipao, Rabu (18/02/2015), berikut sejarah mengenai pakaian elegan khas Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Cheongsam

Cheongsam atau yang bisa juga disebut Qipao tumbuh dari suku Nuzhen kuno. Qipao sendiri berasal dari bahasa Tiongkok yang artinya gaun spanduk. Qipao menjadi sangat populer di kalangan wanita keluarga Dinasti Qing. Pada masa itu, Qipao di desain dengan model yang longgar di badan dan tidak membentuk tubuh. Pakaian ini terbuat dari sutra yang disulam dengan renda di kerah, lengan dan tepi baju.

Seiring berjalannya waktu pakaian ini menjadi populer di seluruh Tiongkok pada tahun 1920. Namun, ternyata gaya berpakaian orang Barat sungguh memiliki pengaruh di dunia mode. Qipao/ Cheongsam ini mengalami perubahan dengan renda yang lebih tipis, panjang gaun yang lebih pendek dan model yang lebih ketat sehingga memperlihatkan keindahan bentuk tubuh kaum wanita.

3 dari 3 halaman

Perkembangan Cheongsam

Tidak hanya sampai di sini, Cheongsam terus mengalami perubahan model yang terus berkembang. Panjang gaun ini menjadi lebih bervariasi, ada yang pendek, panjang, tidak berlengan, berkerah tinggi, berkerah pendek, bahkan tidak berkerah sama sekali. Banyak orang menggunakan pakaian Cheongsam tidak berlengan pada musim panas. Desainnya yang praktis namun elegan membuat siapa saja yang menggunakannya jadi terlihat cantik.

Kini gaun indah ini banyak digunakan di berbagai acara besar di Tiongkok seperti pertemuan penting para pejabat negara. Selain itu, pada acara pernikahan gaun ini dijadikan sebagai gaun pengantin mempelai wanita. Tidak hanya itu, bahkan banyak orang menyarankan agar pakaian ini menjadi pakaian nasional bagi wanita Tiongkok. Cheongsam sungguh telah merasuki kebudayaan Tiongkok dan menjadi salah satu bagian dari budaya yang indah.

Cheongsam kini juga telah mendunia dan merambah berbagai negara. Tidak hanya masyarakat Tiongkok yang menggunakan pakaian indah ini, mengenakan Cheongsam sudah menjadi mode baik di luar maupun dalam negeri. Banyak wanita merasa keindahan pakaian ini dapat membuat mereka tampil lebih cantik dan menarik, terutama bagi wanita asing yang ingin mengunjungi Tiongkok mereka akan memilih untuk menganakan pakaian cantik ini sebagai ciri khas budaya Tiongkok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini