Sukses

6 Jajanan Khas Yogyakarta yang Bikin Kangen

Berikut ini beberapa jajanan khas Yogyakarta yang bisa dijadikan oleh-oleh dan menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan kota Yogyakarta? Kota ini dikenal dengan makanannya yang murah meriah dan pas di kantong. Banyak mahasiswa yang mengincar untuk tinggal di kota penuh sejarah ini karena biaya hidupnya yang terbilang murah.

Jika hanya sekedar mampir di kota ini, Anda tidak akan cukup untuk bisa menikmati jajanan kulinernya yang begitu banyak. Oleh karena itu, Anda bisa memilah jajanan yang bisa disantap ditempat dan dijadikan oleh-oleh khas Yogyakarta. Apa saja makanan ringan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Bakpia Pathok

Sebagian besar masyarakat yang berkunjung ke kota ini pasti membeli bakpia sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta. Makanan yang berisi kacang hijau dan dibalut tepung ini menjadi incaran para pengunjung kota ini. Variasi rasanya yang beragam juga membuat semua kalangan dapat menikmati kue bulat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jajanan Khas Yogyakarta

2. Geplak

Geplak merupakan makanan khas Bantul, Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari kelapa, tepung beras atau tepung ketan, dan gula. Rasanya yang manis membuat makanan ini banyak digemari, dan paling enak jika disantap dalam kondisi hangat. Warna-warni pada makanan ini membuatnya menarik dan memikat mata.

 

3. Kipo

Makanan khas Kotagede Yogayakarta ini berasal dari ketan, santan, garam, dan gula. Warna hijau yang berasal dari daun pandan dan daun suji ini rumornya merupakan makanan favorit bangsawan kraton Mataram.



4. Yangko

Makanan berbentuk persegi empat ini berbahan dasar utama tepung ketan. Aroma dan rasanya yang manis, lembut, dan kenyal di lidah membuat siapa saja yang mencobanya akan merasa ketagihan.


3 dari 3 halaman

Jajanan Khas Yogyakarta

5. Geblek

Kue dengan bentuk unik ini merupakan makanan khas Kulonprogo yang terbuat dari tepung tapioka basah dan bawang. Rasanya yang gurih akan membuat lidah Anda tertarik untuk mencicipinya berulang kali.

 

6. Kue Kembang Waru

Kue ini terbilang langka karena hanya disajikan saat upacara adat atau acara penting lainnya. Rasanya yang manis dan legit ini bisa Anda nikmati jika Anda mengunjungi kampung kampung di Kotagede. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini