Sukses

Kiat Atasi Masalah Kulit untuk Kaum Remaja

Berikut kiat untuk mengatasi masalah kulit kaum remaja.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan seorang wanita untuk menuju kedewasaan biasanya akan mengalami beberapa fase salah satunya adalah fase remaja. Pada masa seperti itu, biasanya para wanita akan mulai sering mengalami masalah salah satunya adalah kulit. Beberapa masalah tersebut di antaranya seperti kulit berminyak, munculnya buntik hitam, kulit sensitif dan masih banyak lagi. 
 
Permasalahan tersebut menurut dr. R. Amanda Sumantri, SpKK sangat wajar terjadi dimana hal tersebut diperolehnya dari ketidakstabilan hormon wanita remaja yang kemudian menimbulkan masalah pada kulit remaja. 
 
dr. Amanda pun menambahkan pada dasarnya, persoalan kulit berkaitan erat dengan jenisnya yang dibagi menjadi lima macam yaitu kulit normal, sensitif, kombinasi, kering, dan berminyak. 
 
"Sebenarnya, 85 persen remaja wanita memiliki kulit berminyak. Maka dari itulah, banyak di antara mereka yang mengalami masalah kulit yaitu jerawat. Dimana, bekas jerawat biasanya akan menimbulkan noda hitam dan kemerahan pada sekitar wajah mereka," kata dr. R. Amanda Sumantri SpKK saat ditemui di Jakarta. 
 
Untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut, biasanya para remaja akan menggunakan aneka macam produk kosmetik seperti foundation, concealer, bedak dan masih banyak lagi untuk menutupi segala masalah di kulit mereka. Padahal, penggunaan kosmetik tersebut tidak menyelesaikan masalah dan justru terkadang memberikan masalah baru pada kulit wanita karena makeup tersebut menutupi pori-pori di wajah.
 
"Tidak perlu menggunakan kosmetik untuk menutupi masalah kulit karena sebenarnya para remaja dapat melakukan hal-hal sederhana agar masalah kulitnya terselesaikan. Di antaranya seperti mencuci muka setiap hari sebanyak 2 kali dengan pembersih wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit Anda dan perlu diingat saat mencuci muka, gunakanlah air hangat," tutur dr. Amanda.
 
Selain itu, dr. Amanda juga menambahkan jika selain mencuci muka secara rutin, para remaja juga perlu menggunakan pelembab dan tabir surya agar dapat menyehatkan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Cyn/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.