Sukses

Efek Samping Perawatan Kecantikan Ear Candle Therapy

Apakah ear candle memiliki efek samping bagi telinga dan bagian tubuh lainnya?

Liputan6.com, Jakarta Munculnya cairan berwarna kuning dari lubang telinga pasti cukup mengganggu penampilan. Terlebih lagi, hal ini cukup identik dengan sesuatu yang kotor dan menjijikkan.

Sejumlah tempat perawatan kecantikan menawarkan ear candle sebagai cara untuk membersihkan kotoran telinga. Ear candle juga berguna untuk membersihkan telinga dari zat berbahaya dan berbagai kondisi lain yang berkaitan dengan liang telinga dan sinus, termasuk nyeri sinus, infeksi telinga, telinga berdenging, dan pusing.

Meskipun memiliki tujuan positif untuk membersihkan daerah telinga, tetapi perawatan kecantikan ini tidak diizinkan di Kanada. Di Eropa, ear candle diatur sebagai salah satu pengobatan medis. Beberapa dokter para dokter THT di Indonesia sendiri, tidak menyarankan karena kebanyakan dilakukan oleh tenaga bukan profesional.

Mengapa terjadi banyak larangan? Sebenarnya, efek samping buruk seperti apa yang ditimbulkan?

Selain kerap menimbulkan iritasi kulit, menurut penelitian yang tersemat pada laman MayoClinic, Sabtu (14/2/2015), ear candle dianggap tidak efektif untuk menghilangkan kotoran telinga. Bahkan, teknik ini justru dapat mendorong kotoran teling masuk ke liang yang lebih dalam.

Ear candle bisa juga menyebabkan sisa lilin yang terendam di dalam lubang telinga, menusuk gendang telinga, serta luka bakar pada wajah, rambut, kulit kepala, saluran telinga, gendang telinga dan telinga tengah.

"Telinga merupakan organ yang sensitif. Sudah seharusnya Anda tidak percayakan organ-organ sensitif pada salon," ucap Gordon Siegel, M.D. profesor kepala klinik THT dan bedah leher di Northwestern University Feinberg School of Medicine seperti yang dilansir dari laman HuffingtonPost, Sabtu (14/2/2015)

Dokter Siegel lebih menyarankan untuk memasukkan dan mengeluarkan air dari dan ke telinga saat mandi untuk membersihkan telinga. Memasukkan cotton buds juga dikhawatirkan memiliki dampak yang sama dengan ear candle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.