Sukses

Tips Agar Kuku Nampak Cantik Nan Sehat

Ternyata terdapat cara mudah untuk menjaga penampilan dari kulit agar selalu terlihat cantik nan sehat

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak seseorang yang tidak begitu memperdulikan kesehatan kulit. Padahal, berbagai penyakit banyak berdatangan dari tangan dan tentunya kulit.

Kulit yang sehat akan menampakkan wujud segar dan cantik. Pastinya, cara untuk mendapatnya adalah memenuhi seluruh asupan nutrisi yang dibutuhkan kuku seperti yang dilansir dari laman TheHealthSite, Sabtu (7/2/2015).

Berdasarkan dokter kulit dari Universitas Loyola bagian Kesehatan, Rebecca Tung, MD, terdapat beberapa cara mudah untuk menjaga penampilan dari kulit agar selalu terlihat cantik nan sehat:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rawat Kecantikan Kuku 1-4

1. Pengkilap Kuku

Menggunakan papan untuk membuat kuku tampak lebih mengkilap, ternyata memang berguna untuk menyelembutkan kulit. Namun, perlu diperhatikan, bahwa aktivitas ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Cukup lakukan satu bulan sekali.

2. Kuteks

Jangan lupa untuk melapisi kuku dengan kuteks bening terlebih dahulu. Hal ini akan membuat manikur Anda bertahan lebih lama dan mengurangi risiko pewarnaan yang tidak baik untuk kuku.

Lebih baik menggunakan kuteks yang lama mengering. Apabila dalam keadaan terburu-buru, sebaiknya warna kuku dengan kuteks tipis. Terakhir, pastikan lapisi kembali kuku dengan kuteks bening.

3. Hindari Dehidrasi Kuku

Oleskan pelembab kulit dan kutikula, terutama saat musim dingin, untuk mencegah terjadinya perubahan warna.

4. Jauhi Kandungan Beracun

Jangan menggunakan produk yang mengandung formalin, toluena dan dibutil-ftalat. Kandungan ini memiliki risiko kesehatan yang cukup tinggi.

3 dari 3 halaman

Rawat Kecantikan Kuku 5-9

5. Vitamin B

Cobalah untuk mulai mengkonsumsi Vitamin B setiap harinya. Hal ini akan sangat berguna untuk menyehatkan dan menguatkan kuku

6. Konsultasi Dokter

Jika kuku retak, rapuh, atau terdapat goresan putih, pastikan Anda memeriksakan hal ini dengan dokter pribadi. Sebab, hal ini bisa saja menjadi salah satu gejala anemia atau penyakit tiroid.

7. Lindungi dari Sinar UV

Menggunakan sinar UV untuk mengerikan kuteks terbilang sangat berbahaya. Sebab, sinar UV bisa memunculkan bahaya penyakit kanker kulit. Oleh SPF sekitarnya 30 atau lebih di sekitar tangan dan kutikula sebelum mengekspos kuku ke sinar UV.

8. Hindari Perawatan salon yang Keras

Mengunjungi salon untuk perawatan kuku yang mahal tentu tak diinginkan. Namun, mudah bukan berarti harus menurunkan kualitas produk yang sehat untuk kuku.

9. Sarung

Memang sarung tangan sangat dianjurkan karena bisa membantu seseorang terhindar dari deterjen dan beberapa senyawa kimia berbahaya lainnya. (Auf/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.