Sukses

Peringati Hari Jadi ke-533 Bogor Bakal Diserbu 7.500 Motor Gede

Peringati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533, Harley-Davidson Club Indonesia Bogor (HDCI Bogor) gelar Family Ride and Jungleland Adventure

Liputan6.com, Bogor Sekitar 7500 kendaraan motor gede (moge) akan menyerbu kawasan Bogor. Mereka berkumpul dalam gelaran acara Bogor Bike Week 2015 yang diselenggarakan Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) wilayah Bogor pada 5-7 Juni 2015.

Ketua Panitia Festival Bogor Bike Week 2015, Teuku Badruddin Syah menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533, yang diperingati pada 3 Juni dan ulang tahun ke-3 berdirinya Harley-Davidson Club Indonesia wilayah Bogor (HDCI Bogor) yang jatuh pada 5 Juni, HDCI Bogor menggelar acara dua tahunan bertajuk Bogor Bike Week 2015.

Menurut Teuku, Bogor Bike Week 2015 yang mengusung tema ‘Family Ride and Jungleland Adventure’, rencananya akan digelar selama tiga hari, yakni 5-7 Juni 2015 di Jungleland Adventure Theme Park, Sentul City, Kabupaten Bogor.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempererat persaudaraan dan kekompakan keluarga besar penunggang motor di seluruh Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap keluarga dan lingkungan sosial sekitar.

“Dalam acara nanti, khususnya anggota HDCI Bogor dan semua rider yang kami undang dapat datang dan berkumpul di Bogor Bike Week 2015 beserta keluarga. Dan acara ini tidak hanya pengendara motor Harley-Davidson atau motor besar saja, tetapi terbuka untuk masyarakat pecinta motor di seluruh Indonesia . Dan ini menjadi penting untuk menyerukan pesan dari kami untuk semua rider tentang semangat persaudaraan atau the one brotherhood,” ungkapnya.

Acara kali ini akan diikuti sebanyak 7.500 perseta, dan bakal dimeriahkan dengan program hiburan, mulai dari konser musik artis nasional, karnaval kebudayaan, demonstrasi anti teror, terjun payung, rolling thunder, motorcycle show, acrobatic air, game show serta bhakti sosial kepada penderita thalasemia, penyandang disabilitas, anak panti asuhan dan donor darah.

“Sejak berdirinya, HDCI Bogor telah menjadi bapak angkat bagi anak penderita thalasemia. Ini menjadi satu kembanggaan tersendiri bagi HDCI Bogor.” kata Teuku.

Sementara itu, Ketua HDCI Bogor, Reza Celvian Gumay menuturkan bahwa HDCI Bogor mengajak lembaga Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor serta instansi lainnya untuk bekerjasama dalam menyukseskan acara HJB dan Bogor Bike Week 2015.

“Seperti acara sebelumnya, Bogor Bike Week 2015 juga akan dihadiri beberapa klub motor nasional dan beberapa negara sahabat, seperti Malaysia, Singapura, bahkan Amerika dan banyak lagi yang menyatakan akan mengirim perwakilannya untuk menghadiri acara ini. Tentu sebagai dukungan kami terhadap pariwisata. Acara nanti juga bakal dimeriahkan beberapa kesenian dari seniman tradisional Bogor serta pengrajin lokal untuk ikut serta dalam pameran di acara tersebut,” papar Gumay di sela-sela rapat internal HDCI Bogor.

Bogor Bike Week sendiri pertama kali digelar pada 15-16 Juni 2013 di Komplek Bogor Nirwana Residence. Even itu digelar setelah para pengendara Harley-Davidson wilayah Bogor bersepakat untuk bangkit dan menyatukan diri kembali perkumpulannya di bawah HDCI Bogor.

“Sebelumnya keberadaan pecinta motor besar, khususnya pengendara Harley-Davidson di Bogor itu tersebar dan kurang terorganisir. Memang sebelumnya HDCI Bogor pernah ada dan sempat vakum. Baru kemudian pada 2013 beberapa teman berkumpul dan menggagas menyatukan kekuatan itu dan mendirikan kembali HDCI Bogor,” jelas Gumay.

Keberadaan Bogor Bike Week 2013 dipandang sangat penting sebagai tonggak sejarah baru HDCI Bogor. Pada acara tersebut seluruh pengendara motor, baik penunggang V-Twin Silinder maupun motor besar lainnya berkumpul merayakan kebersamaan.

Sedikitnya terdapat 7.500 pengendara Harley-Davidson berkumpul beserta komunitas motor lainnya. Tidak hanya itu, Bogor Bike Week 2013 telah berhasil menyatukan semua lapisan masyarakat dengan komponen pemerintahan dan keamanan seperti Pemkot, Pemkab, Kepolisian dan TNI.

Alhasil, HDCI Bogor pun menetapkan Bogor Bike Week sebagai perhelatan resmi dua tahunan untuk berkumpulnya suku-suku global pengendara motor besar. Berangkat dari keberhasilan itu, pada tahun ini HDCI Bogor kembali menggelar acara serupa.

(Bima Firmansyah/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini