Sukses

Deretan Makanan yang Awet Tanpa Harus Disimpan di Kulkas

Buah dan sayuran apa sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas atau lemari pendingin lainnya?

Liputan6.com, Jakarta- Sebenarnya, terdapat beberapa buah dan sayuran yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Alasannya cukup sederhana, yaitu makanan tersebut justru akan kehilangan rasa asli dan tekstur mereka. Sebab, kulkas maupun lemari pendingin serupa lainnya justru membuat makanan tersebut berjamur.

Tempatkan daftar 13 makanan ini di ruang terbuka seperti meja dapur ataupun pantry. Cara yang dilansir dari laman Boldsky, Minggu (1/2/2015), ini merupakan cara terbaik untuk menjaga buah dan sayuran agar tetap dalam kondisi segar.

Lantas, buah dan sayuran apakah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? Ini dia ulasannya!

 

1. Tomat

Jika tomat dimasukan ke dalam lemari pendingin akan mulai kehilangan rasa dan tekstur. Sebaiknya letakkan tomat di dalam mangkuk atau keranjang di meja dapur. Apabila Anda menginginkan tomat matang lebih cepat, masukkan tomat ke dalam kantung kertas terlebih dahulu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan 2-7

2. Kentang

Perubahan rasa dari pati dan terbentuk kentang yang berpasir bisa disebabkan oleh menyimpan kentang di dalam kulkas. Jadi, lebih baik simpan kentang dengan menggunakan kantung kertas di tempat yang gelap. Jangan menggunakan plastik untuk mengurangi kelembaban.

 

3. Bawang Bombay

Cara menyimpan bawang bombay yang baik adalah menggunakan kantung kertas di tempat yang dingin, gelap, dan berventilisasi baik. Jangan lupa meletakkan bawang dekat dengan kentang.

 

4. Bawang Putih

Menyimpan bawang putih di dalam kulas akan mempercepat bertumbuhan jamur. Jadi, lebih baik menyimpan bawang putih di tempat yang sejuk, gelap, dan berventilisasi baik dibanding menyimpan di lemari pendingin.

 

5. Pisang

Simpanlah pisang di tempat yang bertemperatur sedang agar pisang bisa matang dengan sempurna. Apabila menyimpan pisang di dalam kulkas maka pisang akan semakin cepat matang dan berubah menjadi warna cokelat.

 

6. Melon dan Semangka

Baik melon maupun semangka utuh lebih baik disimpan di ruangan bersuhu kamar. Namun, setelah dipotong masukkan ke dalam lemari pendingin.

 

7. Jeruk

Selama beberapa hari atau sekitar satu minggu, lebih baik menyimpan jeruk di tempat yang sejuk dan gelap. Setelah satu minggu, barulah simpan jeruk di dalam lemari pendingin.

3 dari 3 halaman

Makanan 8-13

8. Alpukat

Alpukat yang belum matang sebaiknya diletakkan di dalam ruang bersuhu kamar. Namun, apabila sudah matang, lebih baik jika menyimpannya di dalam lemari pendingin.

 

9. Minyak

Oo, jangan simpan minyak di dalam kulkas. Sebab, suhu dingin justru akan membuat minyak menggumpal dan keras. Letakkan minyak di tempat yang sejuk dan gelap.

 

10. Roti

Apabila roti disimpan di dalam kulkas, roti akan mengering dan membuatnya mengeras. Jadi, jika memang rutin memakan roti, sebaiknya simpan roti di tempat bersuhu kamar.

 

11. Bumbu Masak

Tempat yang kedap udara, sejuk, dan kering merupakan tempat cocok untuk bmbu masak. Ya, seperti contoh tempat kedap udara akan melindungi mereka dari kelembaban dan oksidasi.

 

12. Kopi

Kulkas atau lemari pendingin lainnya akan menyerap rasa dan wangi dari kopi. Jadi, sebaiknya letakkan kopi di tempat yang sejuk dan gelap.

 

13. Madu

Tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari merupakan tempat yang cocok untuk madu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini