Sukses

Jakarta Jadi Kota Paling Tidak Aman di Dunia

Salah satu hal yang paling diperhatikan oleh para wisatawan adalah keamanan kota tempat tujuan. Kota apa ya yang paling aman di dunia?

Liputan6.com, Tokyo Salah satu hal yang paling penting juga diperhatikan oleh para wisatawan saat mengunjungi tempat atau destinasi wisata adalah adalah keamanan. Tanpa adanya jaminan rasa aman, untuk apa memaksakan diri mengunjungi tempat yang dituju, bukan?

Dengan alasan itu, The Economist seperti yang dikutip dari Huffingtonpost pada Jumat (30/1/2015) melakukan riset terhadap keamanan 50 kota di dunia. Saat ini, riset tersebut telah menghasilkan indeks kota teraman di dunia bernama The Economist's Safe Cities Index.

50 kota dipilih berdasarkan luas wilayah dan ketersediaan data. Data-data tersebut kemudian diperingkatkan berdasarkan lebih dari 40 matriks yang terbagi dalam empat kategori utama: keamanan digital, jaminan kesehatan, kualitas infrastruktur dan keamanan pribadi.

Dari kategoti utama tersebut, Tokyo dan Singapura lah kota dengan tingkat keamanan paling tinggi di dunia. Pada 10 peringkat teratas, tercatat ada kota-kota di Eropa, Australia dan Amerika.

Disamping aman, kota-kota ini memang sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata. Berikut adalah lima kota paling aman di dunia:

1. Tokyo, Jepang

2. Singapura

3. Osaka, Jepang

4. Stockholm, Swedia

5. Amsterdam, Belanda

Silakan klik laman selanjutnya untuk mengetahui kota dengan tingkat keamanan terendah di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Keamanan Terendah

Bagaimana dengan Jakarta, ibukota Indonesia, apakah masuk ke dalam indeks ini? Jawabannya: ya. Jakarta masuk ke dalam indeks ini, tetapi sayangnya, dengan skor terendah. Dengan kata lain, dari 50 kota yang disurvey, Jakarta adalah kota yang paling tidak aman di dunia. Berikut 5 kota dengan skor terendah:

46. Riyadh, Arab Saudi

47. Johannesburg, Afrika Selatan

48. Ho Chi Minh City, Vietnam

49. Teheran, Iran

50. Jakarta, Indonesia

Kota-kota ini mendapatkan peringkat yang rendah dari 4 kategori utama penilaian. Ho Chi Minh City misalnya, menempati posisi terbawah dalam "kualitas infrastruktur" seperti kualitas jalanan dan jumlah kematian akibat kecelakaan. Jakarta sendiri berada pada posisi ke-5 terbawah dalam hal jaminan kesehatan.

Untuk mengetahui laporan selengkapnya, silakan klik tautan berikut

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini