Sukses

Tips Mencuci Boneka Berbulu Halus

Berikut ini tips sederhana mencuci boneka berbulu halus, selamat mencoba!

Liputan6.com, Jakarta Boneka adalah mainan yang dimiliki oleh hampir seluruh anak perempuan di dunia. Ada berbagai jenis boneka di dunia. Salah satunya adalah boneka dengan bulu halus dan lembut.

Meski menggemaskan, ternyata boneka bisa menjadi sarang berkumpulnya kuman bila tak dibersihkan. Berikut tips merawat boneka berbulu lembut kesayangan Anda yang dilansir dari Boldsky pada Senin (26/1/2015).

1. Periksa Keutuhan Boneka

Sebelum mencucinya, periksalah terlebih dahulu kelengkapan dari boneka tersebut, baik dari baju, mata, hidung, atau bagian lainnya. Jangan sampai ada bagian yang longgar ataupun hilang. Jika perlu diperbaiki, maka perbaikilah. Cara ini dapat menghindari boneka dari kerusakan lebih parah saat dicuci.

2. Gunakan Baking Soda

Untuk menjaga agar boneka tampak bersih dan terlihat baru, cuci dengan menggunakan baking soda. Campurkan 3 sendok baking soda dan dua tetes minyak peppermint ke dalam sebuah mangkuk dan aduk rata. Gosokkan pada boneka dengan hati-hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Selanjutnya

3. Bersihkan Debu

Menggunakan vacuum cleaner merupakan salah satu cara sederhana untuk membersihkan debu yang menempel pada boneka.

4. Bersihkan Noda

Jika terdapat noda melekat pada boneka Anda, pakailah sabun cair untuk mencucinya. Sabun ini bersifat lebih lembut dan tidak akan merusak bulu pada mainan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cuka untuk membersihkan noda.

5. Buatlah Sabun Sendiri

Anda dapat mencoba meracik pembersih buatan dengan mencampurkan tiga sendok makan sabun cuci piring, 1/4 sendok teh amonia dan 3/4 cangkir air. Atau gunakan campuran 1/4 air, 1/2 alkohol dan 1/2 sendok teh deterjen cair. Kemudian, gosok noda boneka dengan sikat gigi.

Itulah tips mudah untuk mencuci boneka berbulu tanpa harus merusaknya. Jangan lupa untuk merawat mainan yang dimiliki ya. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini