Sukses

5 Tips Aman Pulang di Malam Hari untuk Wanita

Berikut adalah beberapa tips untuk para wanita saat pulang malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Kejahatan memang dapat menimpa siapa saja. Tetapi, berdasarkan banyak pemberitaan di media massa, wanita sepertinya merupakan kelompok sosial yang paling rentan terkena tindakan kriminalitas, terutama di malam hari.

Beberapa tindakan kriminalitas yang sering diberitakan menimpa kaum wanita adalah penjambretan, pencopetan atau perampokan dan pelecehan seksual. Biasanya, tindakan kriminal ini terjadi di malam hari.

Padahal, sebagaimana diketahui, banyak dari kaum wanita yang pulang malam, entah karena bekerja atau kegiatan lain. Karena itu, para wanita harus dapat mengantisipasi tindakan kriminal yang bisa saja menimpanya.

Berikut adalah beberapa bentuk antisipasi yang dapat dilakukan kaum wanita agar aman saat pulang malam seperti yang dilansir DailyPositive, Jumat (23/1/2015).

1. Jangan memakai headphone

Memang, di tengah macetnya kota, memakai headphone untuk mendengarkan lagu amat menyenangkan. Tetapi, cobalah untuk membiasakan diri tidak menggunakan headphone, apalagi saat melewati jalanan sepi. Hal ini untuk membuat diri wanita lebih awas terhadap sekelilingnya.

2. Bawa peluit

Apa guna membawa peluit untuk keselamatan wanita? Peluit dapat mengantisipasi jika ada seseorang yang mencurigakan, apalagi terbukti akan melakukan tindakan kriminal terhadap Anda. Caranya, bunyikan peluit tersebut sekencang-kencangnya agar mendapat perhatian dan pertolongan dari orang lain.

3. Pakai sepatu lari

Bawalah sepatu lari dan kenakan saat pulang kerja. Sebab, sepatu lari membuat Anda lebih efektif untuk menghindari tindakan kriminal. Bisa dibayangkan kan sulitnya lari menggunakan high heels?

4. Pelajari bela diri

Para wanita juga perlu untuk mempelajari bela diri, apapun itu. Kalau perlu, belajarlah bela diri yang khusus untuk mengantisipasi tindakan kriminal. Misalnya, bagaimana melumpuhkan orang dari belakang, atau melumpuhkan orang bersenjata tajam dan lain sebagainya.

5. Pelajari bagaimana cara menggunakan senjata

Benar, wanita juga harus mempelajari cara menggunakan senjata. Tetapi ini harus menjadi cara terakhir untuk membela diri. Untuk itu, para wanita harus tahu bagaimana cara yang benar menggunakan senjata. Mintalah seorang teman untuk mengajari Anda menggunakan pisau, semprotan merica atau taser (pistol listrik).

Nah itulah 5 tips aman pulang malam bagi para wanita. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini