Sukses

Warga di Pulau Ini Jadi Konsumen Berlian Terbesar Se-Indonesia

Ternyata warga di pulau Kalimantan lah yang menjadi konsumen terbesar untuk perhiasan berlian

Liputan6.com, Palembang Batu berlian memang menjadi kebutuhan tersier para kaum borjuis. Di Indonesia sendiri, minat perhiasan mewah ini cukup tinggi bahkan hingga ke berbagai kota besar. Namun siapa yang menyangka, ternyata warga di pulau Kalimantan lah yang menjadi konsumen terbesar untuk perhiasan berlian.

Agustiar Halim, Exhibition Brand Manager The Palace Nationam Jeweler mengatakan, selama melakukan roadshow pameran berliannya, penjualan tertinggi masih dipegang di pulau Kalimantan.

"Selama roadshow kita ke berbagai kota di pulau besar Indonesia, seperti Sumatera, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Bali, memang penjualan terbesar berpusat di Kalimantan. Minat mereka jauh lebih tinggi dibandingkan kota lainnya," ucapnya kepada Liputan6.com, di pameran The Palace National Jeweler Palembang Indah Mall (PIM), Rabu (21/1/2015).

Ada beberapa faktor yang cukup mendongkrak minat warga pulau Kalimantan dengan perhiasan mewah ini, selain tidak ada toko khusus yang menjual berlian, perekonomian  warga Kalimantan memang cukup mumpuni untuk mengantongi berbagai jenis berlian.

Bahkan, tidak jarang pembeli memborong lebih dari satu unit perhiasan berlian. Ternyata, kebanyakan pembeli di Kalimantan didominasi oleh pengusaha swasta dibandingkan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Banyak dari mereka adalah pengusaha, karena disana kan memang usaha berkembang pesat. Banyak orang kaya disana," lanjutnya.

Beberapa kota yang menjadi magnet perhiasan berlian yaitu Balikpapan, Pontianak dan Banjarmasin.

Penjualan berlian pun bahkan per-transaksi pameran bisa melebihi penjualan di pulau lainnya yang hanya mencapai Rp 1 Miliar. (Ajeng Resti/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.