Sukses

7 Tips Membuat Ruang Mungil Terlihat Lebih Besar dan Luas

Bagaimanakah solusi menata furnitur di ruang yang sempit? Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah berukuran kecil bisa menjadi tantangan sendiri bagi si pemilik rumah. Pasalnya dengan rumah yang tidak begitu luas, Anda dituntut untuk memaksimalkan ruang yang ada, salah satunya adalah memanfaatkannya untuk meletakan furnitur.

Lantas, bagaimanakah solusi menata furnitur di ruang yang sempit? Berikut tips untuk membuat ruang mungil Anda terlihat lebih besar dan luas seperti yang dilansir dari TheNest, Rabu (21/1/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Gunakan Warna Terang

Gunakan Warna Terang

Warna gelap dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit dan suram. Untuk itu, gunakanlah warna terang atau pucat seperti putih, krem, abu-abu, dan biru agar terlihat lebih kalem, sejuk, dan terbuka.

3 dari 8 halaman

Hiasi Dinding dengan Cermin

Hiasi Dinding dengan Cermin

Salah satu cara untuk membuat ruangan terlihat besar adalah dengan menggunakan cermin. Mungkin Anda ingin menggantungkan furnitur lainnya seperti foto, lukisan, dll. Namun, sisakanlah satu sisi untuk menggantungkan cermin agar dapat memantulkan bayangan isi ruangan sehingga terlihat lebih luas.

4 dari 8 halaman

Efektifkan Ruang dengan Meja Lipat

Efektifkan Ruang dengan Meja Lipat

Jika ruang makan Anda tidak terlalu luas dan terbatas, cobalah untuk menggunakan meja makan yang lebih kecil atau dapat dibongkar pasang dan dilipat. Kondisi ini akan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas pada saat meja tidak digunakan.

5 dari 8 halaman

Buatlah Shading

Buatlah Shading

Shading dengan warna yang berbeda pada dinding Anda dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Berikan warna yang berbeda namun senada seperti memadu padankan antara putih dan abu-abu muda.

6 dari 8 halaman

Jangan Halangin Pemandangan

Jangan Halangin Pemandangan

Cahaya yang masuk ke dalam ruangan melalui jendela akan membuat ruangan menjadi lebih terang dan terlihat jelas. Oleh karena itu, jangan tutupi pemandangan luar dengan gorden yang gelap.

Biarkan cahaya dan pemandangan alami menghiasi ruangan Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan ruangan yang terbuka dan terlihat dari luar, gunakan gorden putih tipis untuk menjaga pandangan dari luar rumah.

7 dari 8 halaman

Berikan Warna Gelap pada Langit-langit

Berikan Warna Gelap pada Langit-langit

Warna terang pada dinding dapat membuat ruangan terlihat lebih luas, namun sebaliknya pada langit-langit rumah Anda lebih baik gunakan warna gelap agar membuat kesan langit-langit yang tinggi. Jangan lupa, padukan juga dengan lampu-lampu berdesain unik agar menarik mata Anda.

8 dari 8 halaman

Penataan Berdasarkan Warna dan Ukuran

Penataan berdasarkan warna dan ukuran

Anda punya benda-benda yang menarik untuk dijadikan pajangan? Perhatikanlah warna dan ukurannya, sebab permainan dan penataan pajangan berdasarkan warna dan ukuran bisa membuat ruang mungil di rumah Anda terlihat menjadi lebih rapi dan teratur.

Untuk beberapa barang yang Anda simpan sebagai pajangan rumah, lakukan penataan dengan bermain pada ukuran dan warna barang sehingga terlihat lebih rapih dan teratur. (Mutia Kurnia/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.