Sukses

Sensasi Tinggal di Rumah Unik di Bawah Bukit Pasir

Rumah unik di bawah pasir terinspirasi dari badai Dora di Florida tahun 1964.

Liputan6.com, Florida Rumah yang berada di pinggir pantai, di sisi pegunungan, ataupun di tepi sungai mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Namun, bagaimana dengan rumah yang dibangun di bawah pasir? Rumah unik ini berada di bawah pasir yang berbukit seperti yang terlihat di film Teletubies.

Seperti yang dilansir dari Homedit, Selasa (20/01/2015), badai Dora di Florida pada tahun 1964 menciptakan pasir yang berbukit. Hal ini membuat seorang arsitek, William Morgan tertarik untuk menyalurkan kreativitasnya.

Arsitek ini mencoba untuk membuat sebuah rumah dan mengambil keuntungan dari bukit pasir yang terbentuk secara alami ini. Rumah ini disewakan untuk para pendatang atau wisatawan yang ingin menginap selama liburan.

Ide kreatifnya ini menciptakan rumah yang kini dikenal dengan rumah di atas bukit pasir dengan ruang bawah tanah yang terbuat dari duplex.

Rumah ini memiliki dua lantai dengan ruang keluarga, ruang tamu, dan dapur di lantai dasar. Sedangkan kamar tidur, kamar mandi, serta pintu masuk utama berada di lantai atas. Rumah bukit pasir ini dibangun pada tahun 1975 dengan luas 750 meter persegi.  

Tempat tinggal ini disebut juga tempat tinggal para Hobbit karena bentuk dan letaknya yang unik. Keberadaannya hampir tidak terlihat secara kasat mata, rumah ini lebih menyerupai katak raksasa dengan mata yang besar ketika jendela rumahnya terbuka.

Tumpukan pasir ini membuat suhu ruangan di dalam rumah tersebut tetap konstan sepanjang tahunnya. Ruangan akan terasa sedikit panas sehingga diperlukan alat pendingin.

Interior ini di desain dengan interior yang modern dengan menggabungkan unsur-unsur pertengahan abad ke-20. Lebih lanjut, sebagian besar, interior yang digunakan di rumah ini terbuat dari kayu. (Mutia Kurnia/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini