Sukses

5 Kota Mati di Penjuru Dunia

Kota mati, begitu biasanya orang menyebut sebuah kota yang tidak ada penduduknya. Berikut adalah beberapa kota mati di penjuru dunia.

Liputan6.com, Beichuan Beberapa film Hollywood menggambarkan bagaimana sebuah kota yang tadinya ditinggali menjadi sangat menyeramkan saat seluruh penduduknya pergi karena satu dan lain sebab. Ternyata, kota mati itu tidak hanya ada di film saja. Fenomena ini benar-benar terjadi di dunia nyata.

Kota mati, begitu biasanya orang menyebut sebuah kota yang tidak ada penduduknya. Beragam sebab yang membuat sebuah kota menjadi kota mati, misalnya karena bencana alam, krisis ekonomi dan sebagainya.

Kota mati ini adalah tempat aneh tetapi sekaligus menarik. Aneh, karena Anda akan melihat bangunan-bangunan yang biasanya ditempat orang tetapi ternyata tidak. Menarik, karena dengan melihat kota mati tersebut Anda bisa membayangkan bagaimana tata sosial kota ini saat masih ada penduduknya.

Penasaran? Berikut adalah beberapa kota mati di penjuru dunia seperti yang dilansir dari Urban Ghost, Senin (19/1/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Beichuan, Cina

Beichuan, Cina

Dilanda gempa bumi Sichuan tahun 2008, kota Beichuan menjadi salah satu kota mati di zaman modern. Saat terjadi gempa dahsyat tersebut, 1000 orang meninggal di sekolah tinggi Beichuan.

Kota ini dianggap terlalu rentan untuk dibangun kembali sehingga dibiarkan begitu saja. Beberapa bangunan memang masih berdiri, tapi yang hancur lebih banyak.

3 dari 6 halaman

Hashima Island (Gunkanjima), Jepang

Hashima Island (Gunkanjima), Jepang

Pulau Hashima Dikenal sebagai Gunkanjima atau pulau kapal perang karena kemiripan bentuknya. Pulau Hashima adalah salah satu tempat paling penting untuk mellihat perkembangan perkotaan di Jepang.

Pulau Gunkanjima dibeli oleh Mitsubishi tahun 1890 untuk tempat pertambangan batu bara. Diisukan, terjadi praktik kerja yang tidak manusiawi di pulau ini. Akhirnya, saat pertambangan bangkrut, kota ini pun ikut ditinggalkan oleh seluruh penduduknya.

4 dari 6 halaman

Kowloon Walled City, Hong Kong

Kowloon Walled City, Hong Kong

Tidak jelas betul mengapa Kowloon Walled City di Hongkong ini menjadi kota mati sejak tahun 1994. Tetapi, diindikasikan karena kota ini terlalu tidak manusiawi karena hanya memiliki luas 6,5 hektar tetapi ditinggali oleh lebih dari 33 ribu orang.

Meskipun telah menjadi kota mati, kabarnya saat ini Kowloon Walled City telah menjadi sarang kejahatan dan dikendalikan oleh Triad, organisasi mafia yang cukup besar di Hong Kong.

5 dari 6 halaman

Centralia, Pennsylvania, AS

Centralia, Pennsylvania, AS

Centralia bisa dibilang merupakan kota mati paling terkenal di Amerika. Bahkan, kota ini dijuluki sebagai 'kota hantu yang modern'. 

Centralia awalnya memiliki fasilitas yang lengkap, termasuk 7 gereja dan 26 salon. Kegiatan ekonomi utama kota ini adalah pertambangan. Kota ini akhirnya ditinggalkan sejak terjadi kebakaran hebat di areal tambang tahun 1962.

6 dari 6 halaman

Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works, Chile

Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works, Chile

Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works awalnya merupakan kilang nitrogen di Chili bagian utara yang didirikan pada tahun 1872 oleh Guillermo Wendell Nitrat Ekstraksi Company.

Kota ini menjalankan kegiatannya seperti biasa sampai kemudian Depresi Besar tahun 1929 menghancurkan semuanya. Kota ini akhirnya benar-benar ditinggalkan tahun 1960.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.