Sukses

Batu Kecil Ini Terdiri dari 30 Ribu Potong Berlian

Sebuah batu unik berukuran 5 milimeter menyimpan sekitar 30 ribu potongan berlian di dalamnya.

Liputan6.com, Sakha- Sebuah batu unik ditemukan di tambang berlian Udachnaya, Rusia. Dikatakan unik, sebab batu berukuran 5 milimeter tersebut ternyata menyimpan sekitar 30 ribu potongan berlian di dalamnya.

Dilansir dari The Washington Post pada Rabu (7/1/2014), berlian adalah substansi terkeras yang ada di planet bumi dan tentu menjadi perhiasan paling populer. Contohnya, pada tahun 2013, permintaan globat terhadap berlian mencapai US$ 79 miliar atau sekitar Rp 1.005 triliun. Total permintaan ini adalah rekor tertinggi.

Biasanya, berlian terbentuk pada jarak sekitar 100 mil dari permukaan bumi, yaitu pada lapisan antara kerak dan inti bumi yang disebut lapisan mantel.

Berlian terbentuk dari karbon yang berbentuk batu granit dan terpapar suhu sangat tinggi. Proses alam selama jutaan tahun yang membentuk karbon berubah menjadi berlian yang indah. Kemudian, gunung meletus adalah salah satu sebab potongan berlian dapat keluar dari mantel bumi. 

Batu berlian yang ditemukan tersebut adalah fenomena tidak biasa. Sebab, sangat jarang ditemukan berlian yang belum berubah secara sempurna tetapi ditemukan di dekat permukaan bumi.

Penemuan batu dengan berlian di dalamnya ini cukup penting bagi dunia penelitian. Sebab, dengan batu yang belum sempurna tersebut, para ilmuwan dapat meneliti dan mungkin menemukan hal-hal baru tentang formasi berlian.

"Ini adalah keajaiban menemukan batu yang memiliki lebih dari 30 ribu berlian kecil sempurna bersegi delapan," kata Larry Laylor, profesof dari Universitas Knoxville.

"Berlian tidak pernah membentuk inti sehomogen ini. Normalnya, berlian dapat membentuk inti yang seragam hanya dalam tempat tertentu dan terbentuk lebih besar. Batu ini sepertinya tidak punya waktu untuk membentuk kristal sempurna yang lebih besar," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini