Sukses

Malaysia Diharapkan Tiru Pariwisata Indonesia yang Bebaskan Visa

Liputan6.com, Petaling Jaya- Pemerintah Malaysia perlu meniru Indonesia yang telah membebaskan persyaratan bagi warga negara Tiongkok untuk berkunjung, demikian menurut operator travel lokal seperti yang dikutip dari Asiaone Malaysia, Selasa (6/1/2014).

Presiden Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA), Hamzah Rahmat, mengatakan bahwa asosiasi mereka telah berusaha meminta izin dari pemerintah Malaysia sejak tahun 2004, tetapi sampai saat ini belum ada respon.

"Ini saatnya Malaysia untuk melakukan sesuatu, tidak hanya untuk turis dari Tiongkok, tetapi juga turis dari negara lain yang memiliki mata uang yang kuat," kata Hamzah.

Presiden Asosiasi Malaysia-Tiongkok (Malaysian Chinese Association/MCA), Datuk Seri Liow Tiong Lai, mengatakan harapan yang serupa.

Sebagai informasi, Indonesia mulai menyediakan layanan bebas visa untuk warga negara Tiongkok dari Kamis. Kebijakan ini berlaku juga bagi warga negara Australia, Korea Selatan, Rusia dan Jepang.

Hamzah juga mengatakan bahwa persyaratan perjalanan untuk turis Tiongkok bahkan semakin dipermudah oleh negara-negara Eropa. 

Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Datuk Seri Mohamed Nazri Abdul Aziz pada Desember lalu mengatakan bahwa memang ada kebutuhan untuk membebaskan biaya visa sebesar US$ 17 per-orang dengan tujuan menarik wisatawan Tiongkok. Meskipun memang belum ada realisasi lebih lanjut. 

Di sisi lain, pemerintah Malaysia sendiri saat ini sedang menindaklanjuti proposal untuk perjalanan bebas visa bagi warga negara Malaysia yang ingin mengunjungi Amerika Serikat.

Artikel Selanjutnya
Wapres JK Ajak Peserta Diaspora dan Menteri Wisata ke Malino
Artikel Selanjutnya
Mantan Perdana Menteri Mahathir Buka Rahasia Pariwisata Malaysia