Sukses

Rayakan Tahun Baru 2015, 8 Negara ini Punya Tradisi Unik

Beberapa negara memiliki tradisinya sendiri untuk menyambut tahun baru 2015.Berikut ini tradisi unik perayaan tahun baru di 8 negara.

Liputan6.com, Jakarta- Perayaan tahun baru adalah salah satu perayaan yang paling riuh di seluruh dunia, termasuk perayaan tahun baru 2015 yang akan segera menjelang. Jika melihat perayaan tahun baru di berbagai negara dapat dilihat berbagai kesamaan cara perayaan. Contohnya adalah kerumuman orang yang berkumpul di pusat kota dan kemudian pesta kembang api yang pada akhirnya diikuti dengan ucapan selamat orang-orang di sana.

Sesungguhnya banyak negara yang memiliki tradisi perayaan tahun baru unik dan berbeda dengan perayaan tahun baru yang lazim ada. Misalnya, di Rusia terdapat tradisi dimana seseorang meminum sampanye dengan campuran abu bekas pembakaran kertas yang bertuliskan harapan-harapan di tahun depan. 

Apa lagi perayaan-perayaan tahun baru yang unik di seluruh dunia? Berikut ini adalah tradisi unik dari 8 negara dalam merayakan tahun baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Rusia

Rusia

Tradisi tahun baru di Rusia adalah dengan menuliskan keinginan pada selembar kertas. Kertas tersebut kemudian dibakar dan dicampurkan dalam sampanye. Campuran sampanye dan abu ini diminum persis sebelum tahun berganti. Harapannya, apa yang ditulis akan menjadi kenyataan.

3 dari 9 halaman

Filipina

Filipina

Tradisi merayakan tahun baru di Filipina bertujuan agar di tahun mendatang mereka memperoleh keberuntungan. Salah satu tradisinya adalah dengan membuka semua pintu dan jendela rumah pada malam tahun baru untuk membuang energi negatif dan membiarkan energi positif masuk. Tentu saja, mereka juga melakukan tradisi ini untuk sambut tahun baru 2015.

4 dari 9 halaman

Peru

Peru

Tradisi perayaan tahun baru di Peru dinamakan Takanuy. Dalam tradisi ini, baik perempuan, laki-laki, maupun anak-anak sekalipun melakukan adu tinju beramai-ramai. Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun ini.

5 dari 9 halaman

Afrika Selatan

Afrika Selatan

Tradisi unik merayakan tahun baru di Afrika Selatan, terutama di kota Johannesburg, adalah dengan membuang perabotan rumah dari jendela rumah. Meskipun sudah menjadi tradisi, hal ini semakin jarang dilakukan karena membutuhkan biaya yang mahal dan semakin meningkatnya kecelakaan pejalan kaki karena tertimpa perabotan yang dilempar.

6 dari 9 halaman

Spanyol

Spanyol

Di Spanyol, tradisi merayakan tahun barunya adalah dengan memakan 12 anggur sesaat sebelum tahun berganti. Hal tersebut dipercaya akan mendatangkan keberuntungan dalam 12 bulan berikutnya. Tradisi ini kemudian berkembang menjadi perlombaan memakan anggur tercepat.

7 dari 9 halaman

Puerto Rico

Puerto Rico

Di Puerto Rico, menyambut tahun baru dilakukan dengan cara melemparkan cangkir atau ember berisi air dari jendela. Hal ini dipercaya akan mengusir roh jahat dalam rumah.

8 dari 9 halaman

Irlandia

Irlandia

Di Irlandia, tradisi unik menyambut tahun baru dilakukan dengan cara menggedor pintu rumah dengan roti yang telah diolesi mentega. Hal ini dipercaya dapat mengundang roh-roh baik ke dalam rumah dan mengusir roh-roh jahat.

9 dari 9 halaman

Brasil

Brasil

Salah satu tradisi Brasil dalam merayakan tahun baru adalah dengan mengenakan pakaian khas. Pada tahun baru, tradisi yang masih dijaga adalah mengenakan pakaian serba putih. Hal ini dimaksudkan untuk mengundang keberuntungan di tahun mendatang. Kemudian, biasanya kegiatan ini dilanjutkan dengan melemparkan bunga ke laut saat mengucapkan keinginan untuk tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.