Sukses

Bila Aturan Tak Berubah, Anak Perempuan Kate Bukan Bergelar Putri

Dengan berubahnya aturan Kerajaan Inggris, anak ke-2 Kate Middleton dan Pangeran William yang berkelamin perempuan bisa disebut Putri.

Liputan6.com, Jakarta- Kerajaan Inggris punya aturan sendiri dalam memberi gelar Pangeran atau Putri. Meski merupakan keturunan keluarga kerajaan, seseorang tak serta merta dapat disebut Pangeran atau Putri. Bagaimana dengan anak perempuan Kate Middleton dan Pangeran William yang baru lahir?

Jika aturan Kerajaan Inggris tak berubah, anak ke-2 pasangan Kate Midlleton dan Pangeran William tak dapat dipanggil Putri.

Menurut dekrit yang dititahkan oleh Raja George V pada tahun 1917, gelar Pangeran dan Putri hanya dapat diberikan pada anak-anak Raja atau Ratu, anak-anak dari anak laki-laki Raja atau Ratu, dan anak laki-laki tertua dari anak lelaki paling tua dari Prince of Wales.

Itulah sebabnya anak-anak dari Putri Anne, yakni Peter Phillips dan Zara Phillips, tak mendapat gelar Pangeran atau Putri meskipun merupakan cucu dari Ratu Elizabeth.

Bila menuruti aturan kuno tersebut, anak perempuan Kate Middleton yang dilahirkan pada Sabtu, 2 Mei 2015, hanya akan mendapat gelar Lady Mountbatten-Windsor.

Seperti dilansir dari DailyMail.co.uk pada Minggu (3/5/2015), tak lama sebelum anak pertama Pangeran William dan Kate, yakni Pangeran George lahir, Ratu Elizabeth mengeluarkan sebuah aturan yang disebut Letters Patent under the Great Seal of the Realm.

Aturan ini merupakan instrumen legal milik Raja atau Ratu yang ada sejak zaman dahulu untuk digunakan pada urusan-urusan khusus ekstra-parlementer.

Dalam surat itu, Ratu Elizabeth menitahkan bahwa semua anak dari anak lelaki tertua Prince of Wales bisa mendapat gelar HRH (His/Her Royal Highness). Aturan ini dikeluarkan pada 31 Desember 2012.

Jika dilihat dari hirarkinya, anak dari Duke dan Duchess of Cambridge ini berada di urutan ke-4 dari suksesi mahkota kerajaan, setelah Pangeran Charles (Urutan 1), Pangeran William (Urutan 2), Pangeran George (Urutan 3). Dan dengan kehadiran putri perempuan Kate Middleton, posisi Pangeran Harry menjadi di urutan ke-5. (bio/ret/igw)

 

Baca Juga:

Selamat! Kate Middleton dan Pangeran William Punya Anak Perempuan

Setelah 25 Tahun, Kerajaan Inggris Lahirkan Seorang Putri

Prediksi 19 Nama Bayi Kedua Kate Middleton dan Pangeran William

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini