Sukses

Plang Raksasa Bakal Hiasi Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis akan dihiasi oleh sebuah plang besar bertuliskan 'Pantai Parangtritis'

Liputan6.com, Yogyakarta- Para pengunjung pantai Parangtritis akan mendapatkan kejutan yang tak terlupakan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul akan membuat plang yang bertulisankan pantai 'Parangtritis' seperti halnya yang dipasang di pantai Losari Makasar.

Kepala Disbudpar Bantul Bambang Legowo mengatakan plang bertuliskan Pantai Parangtritis ini dipasang pada bulan Desember 2014. Pembuatan plang ini memakan waktu setengah bulan. Bambang menyebut pembangunan plang Pantai Parangtritis untuk menyambut libur natal dan tahun baru 2015. Pembuatan plang ini pun menghabiskan biaya Rp 180 juta.

"Bulan ini kami membuatnya, bisa dikatakan tulisan ini untuk menyambut natal dan tahun baru 2015. Proses pembuatan tidak akan membutuhkan waktu yang lama hanya setengah bulan saja. Sementara berbicara biaya, proses pembuatan hingga jadi menghabiskan 180 juta," ujar Bambang kepada Liputan6.com Rabu (24/12/2014).

Pembuatan plang ini menurut Bambang untuk melayani pengunjung pantai Parangtritis yang ingin berfoto-foto. Pasalnya banyak pengunjung yang ingin berfoto di pantai Parangtritis namun tidak ada background yang mencirikan pantai andalan Bantul ini.

"Selama ini banyak pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka di pantai ini dengan berfoto di hanphone. Namun sayang, belum ada backgroud yang mencirikan pantai ini. Akhirnya kami membuat agar pantai ini selalu dikenang oleh para pengunjung," ujarnya.

Selama liburan natal dan tahun baru 2015 pihak Pemerintah Kabupaten Bantul akan memberikan hiburan bagi pengunjung seperti pentas kesenian. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kedatangan wisatawan di pantai Parangtritis. Ia menilai setiap tahun jumlah pengunjung di pantai ini selalu naik. "Selama tiga tahun berturut-turut, pantai ini mengalami peningkatan dalam hal kunjungan wisatawan," ujarnya.

Tak hanya di Pantai Parangtritis, Bambang pun menyarankan agar para wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata di sebelah barat Parangtritis yaitu Gumuk Pasir. Pasalnya, para wisatawan belum banyak yang mengetahui tempat wisata yang masih dalam kawasan pantai parangtritis ini. Di gumuk pasir ini wisatawan selain meikmati hamparan pasir yang indah juga dapat melihat replika Kabah.

"Gumuk Pasir masih menjadi bagian dari pantai Parangtritis. Mungkin banyak wisatawan yang belum mengetahui Gumuk Pasir. Gumuk Pasir memiliki keindahan tersendiri salah satunya adalah adanya replika Kabah yang sama besarnya dengan di Arab," tuturnya. (Fathi Mahmud/Cyn/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini