Sukses

Keliling Kota Yogya dengan Kereta Wisata Kencana

Masa libur natal dan tahun baru ini, wisatawan yang datang ke Yogya dapat menikmati pemandangan Kota Yogja dengan naik kereta wisata kencana

Liputan6.com, Yogyakarta- Yogyakarta menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia. Masa libur natal dan tahun baru 2015, wisatawan yang datang ke Yogya dapat menikmati pemandangan Kota Yogja dengan naik kereta wisata kencana. Wisatawan yang menumpang kereta ini dapat merasakan keelokan jejak sejarah Keraton Yogyakarta hanya dengan Rp 200.000,-. Desain kereta wisata memang  mirip Kereta Kencana yang elegan serta ditarik mulai dari dua kuda hingga empat kuda akan jadi sensasi tersendiri.

Penggagas kereta wisata kencana Herri Zudianto mengatakan, Kereta Wisata Kencana menjadi satu-satunya fasilitas angkutan khusus wisata di Yogya yang dilengkapi fasilitas penunjang, mulai dari narasi audio empat bahasa (Indonesia, Inggris, Jepang, dan Belanda) mengenai tempat bersejarah disepanjang rute yang dilalui.

Rute yang ditempuh dimulai dari Hotel Inna Garuda Malioboro - Kawasan Nol Kilometer - Jalan Ahmad Dahlan - Jalan Bhayangkara - Jalan Pasar Kembang dan kembali ke Inna Garuda. Selain itu Kereta Wisata Kencana ini juga menerima reservasi rute khusus seperti di wilayah Keraton Yogyakarta.

"Empat replika kereta wisata kencana ini bukan hanya transportasi, tapi juga sebagai lambang kemegahan masa lalu, layaknya kereta kencana dari kerajaan," kata Herri, Selasa (23/22/2014).

Adik Sultan HB X Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH), Yudhaningrat meresmikan kereta wisata kecana di Ndalem Yodonegaran, Kraton, Yogyakarta. Gusti Yudho mengatakan Kereta Wisata Kencana ini akan melengkapi pengalaman berwisata di Yogyakarta. Beberapa daerah di dunia juga menggunakan kereta sebagi angkutan wisata.

"Di Inggris, Belanda, Washington, dan kota-kota tua itu ada kereta wisata, peluncuran Kereta Wisata Kencana ini untuk melengkapi dunia wisata di Yogyakarta," kata Gusti Yudho.

Gusti Yudho menjelaskan keberadaan Kereta Kencana Wisata ini menjadi pilihan wisatawan baik wisata maupun lokal untuk menikmati tempat wisata. Ia pun menyebut kereta kencana ini mirip dengan kereta kencana milik kraton. "Ini kereta khusus wisatawan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta