Sukses

Unik! 'Pancake Es' Misterius Muncul di Sungai Skotlandia

Suhu udara yang dingin membuat buih air membeku dan berbentuk seperti pancake.

Liputan6.com, Aberdeenshire Ada pemandangan yang berbeda di sungai Dee, Skotlandia. Pasalnya, baru-baru ini pada permukaan sungai tersebut secara misterius muncul es beku yang menyerupai pancake.

Fenomena aneh dari sungai yang merupakan jalur ikan salmon bermigrasi ini direkam oleh seorang ahli biologi bernama Jamie Urquhant. Menurut ahli biologi tersebut, fenomena munculnya 'pancake es' tersebut berasal dari busa di pusaran sungai yang membeku.

'Pancake es' di sungai Skotlandia

"Mungkin setiap piringan es tumbuh dari potongan kecil dari busa, mereka saling melekat dan kemudian membeku di tempat," kata Urquhant.

Menurut Urquhant, piringan es ini terbentuk pada malam hari.

'Pancake es' di sungai Skotlandia

"Suhu udara lebih dingin pada malam hari dan pada siang hari cukup panas. Itu artinya piringan es terbentuk pada malam hari," demikian penjelasannya.

Sebenarnya, fenomena serupa telah lazim ditemui di beberapa tempat di dunia. Paling umum fenomena ini terjadi di Antartika atau Laut Baltik. Meskipun begitu, fenomena ini baru pertama kali terjadi di sungai Skotlandia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini