Sukses

Museum Tekstil Gelar Festival Songket Sumatera

Festival Songket Sumatera digelar oleh Museum Tekstil pada 17-21 Desember 2014.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wujud apresiasi atas Songket Sumatera sebagai kain tradisional Indonesia, Museum Tekstil Jakarta menyelenggarakan kegiatan Festival Songket Sumatera yang berlangsung sejak 17 Desember 2014 hingga 21 Desember 2014. Salah satu bagian dari rangkaian acara ini adalah pameran songket Sumatera.

Koleksi songket Sumatera yang ditampilkan pada pameran tersebut adalah koleksi milik Kesultanan Langkat, Kesultanan Deli, Kesultanan Serdang, Kesultanan Asahan, Museum Provinsi Sumatera Utara, Museum Tekstil Jakarta dan para kolektor di Lampung dan Jakarta, serta songket hasil pengembangan Cita Tenun Indonesia (CTI) yang kian memperkaya khazanah songket Indonesia.

Diresmikan oleh Gatot Pujo Nugroho selakuGubernur Sumatera UtaraRabu malam(17/12/2014), pembukaan pameran ini dimeriahkan dengan tarian Serampang dua belas dan fashion Showkarya desainer anggota APPMI Medan, Oki Wong, yang mengangkat inspirasi songket Batu Bara dalam karyanya.

Seperti dikutip dari rilis media yang diterima Liputan6.com pada Jumat (19/12/2014), pameran ini diharapkan dapat makin menambah apresiasi masyarakat terhadap perkembangan wastra songket serta makin mendekatkan Museum Tekstil Jakarta ke hati masyarakat sebagai lembaga edukasi kebudayaan.

Pameran ini dibuka pada hari Selasa – Minggu (hari Senin dan hari libur nasional tutup) pukul 09.00-1500 WIB. Selain pameran kain, Festival The Journey of Songket ini juga diisi dengan Bincang Wastra yang salah satu narasumbernya adalah Okke Hatta Rajasa dari Cita Tenun Indonesia, serta lokakarya Songket Sumatera, dan Sarasehan Budaya & Musik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini