Sukses

Buku Manado Bay Hadirkan Keindahan Bawah Laut Manado ke Permukaan

Buku underwater Manado Bay, promosikan keindahan alam bawah laut Manado ke dunia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara kepulauan yang juga terkenal di dunia berkat keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Setiap pulau di Indonesia yang tersebar pun menawarkan beragam pemandangan alam bawah laut yang unik dan terhitung masih jarang sekali pihak yang mengeskplorasi keindahan bawah laut Indonesia.

Tak heran jika Arief Yudo Wibowo dan Jilmi Astina Anif, sepasang suami-istri yang juga merupakan anak bangsa Indonesia kemudian tergugah untuk menghadirkan buku berjudul The Underwater Realm of Manado Bay From Diver's Eyes: Jilmi Astina Anif and Arief Yudo Wibowo.

Kamis (18/12/2014), bertempat di toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta, buku The Underwater Realm of Manado Bay resmi diluncurkan. Pasangan suami istri yang memiliki hobi menyelam tersebut menjelaskan bahwa semua foto yang digunakan sebagai materi di buku tersebut dikumpulkan selama dua tahun dan 378 kali penyelaman dilakukan di 22 titik penyelaman.

"Awalnya foto-foto yang telah kami kumpulkan, bukan untuk dibukukan. Namun, setelah muncul ide untuk membuat karya bersama maka kami membulatkan tekad untuk membuat buku yang mengangkat keindahan alam bawah laut Manado ke dunia internasional," ucap Arief Yudo Wibowo pada peluncuran buku The Underwater Realm of Manado Bay, di toko buku Kinokuniya, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Selain ingin mengangkat keindahan alam bawah laut Manado ke permukaan, pasangan suami istri ini pun juga terinspirasi oleh dua pasangan suami-istri fotografer bawah laut.

"Kami juga terinspirasi dari pasangan suami istri yang juga suka memotret keindahan alam bawah laut seperti Burt Jones & Maurine Shimlock (USA) serta Stephen Wong dan Takako Uno ( Hongkong )," ucap Arief.

Buku karya anak bangsa sendiri yang menghadirkan keindahan alam bawah laut Manado ini terdiri atas 140 halaman dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

"Buku ini berisikan informasi titik penyelaman di Manado. Foto-foto yang dihasilkan dibuku ini adalah asli hasil karya anak bangsa Indonesia. Warna-warna yang dihadirkan difoto ini adalah sama dengan warna aslinya," tutup Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.