Sukses

6 Hal Mengesalkan Saat Belanja Melalui Bisnis Online

Hati-hati saat belanja online. Sebab, terdapat 6 kekurangan belanja melalui bisnis online. Ini dia ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta Munculnya berbagai bisnis online menjawab kebutuhan belanja selama ini. Belanja online dapat menghemat waktu, bahkan uang karena belanja online menawarkan berbagai penawaran barang terbaik dan diskon. Singkatnya, memang belanja melalui bisnis online mengurangi kesulitan Anda untuk belanja.

Namun, siapa yang menyangka jika sebenarnya belanja online tidak sebagus dan semenarik seperti yang terlihat. Berikut adalah 6 kekurangan belanja melalui bisnis online seperti yang dilansir dari Magforwomen.com, Selasa (2/12/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunggu untuk waktu pengiriman

1. Tidak benar-benar melihat atau merasakan barang yang Anda beli

Tidak peduli seberapa menariknya pakaian atau makanan di situs belanja, itu hanya berupa gambar. Anda tidak tahu persis bagaiman ukuran, warna, atau pola yang akan dipilih tersebut cocok untuk Anda. Ini adalah kekurangan terbesar dari belanja online. Akibatnya, Anda tidak bisa mengetahui apakah produk tersebut cacat atau tidak.

2. Menunggu untuk waktu pengiriman

Mengharapkan akan mendapatkan barang yang diinginkan di hari yang sama dengan hari saat belanja, belanja online bukan cara tepat untuk Anda. Ketika membelanjakan sesuatu, butuh 3-5 hari untuk mendapatkan barang yang Anda ingin. Terlebih lagi, jika terjadi kesalahan saat pengiriman. Dibutuhkan kesabaran tentunya.

3. Barang yang dikirim salah dan membayar saat mengembalikannya

Terjadinya salah kirim barang sangat mungkin terjadi. Tentunya bukan Anda saja yang menjadi kostumer dari bisnis online tersebut. Kesalahan memang berada di pihak pengelola bisnis online tersebut, tetapi justru sering kali Anda yang terkena getahnya. Hanya ada beberapa situs yang memiliki kebijakan yang benar-benar baik. Jadi, berhati-hati lah.

3 dari 3 halaman

Menjadi korban penipuan online

4. Mungkin menjadi korban penipuan online.

Ketika Anda berbelanja online, dengan mudah Anda bisa menjadi korban penipuan online. Beberapa situs menjanjikan barang berkualitas bagus dengan harga murah. Namun, saat barang dikirimkan kualitas rendah bahkan beberapa ada yang rusak. Selain itu, terjadi pula beberapa kasus situs yang tiba-tiba menutup situ setelah konsumen membayar produk.

5. Tidak bisa membeli barang yang tidak tahan lama.

Barang-barang seperti bahan makanan, susu, buah-buahan, sayuran, dan sejenisnya akan lebih segar jika Anda membeli ke pasar atau melalui tukang sayur. Dengan kata lain, tidak semuanya bisa Anda beli melalui online.

6. Menghabiskan Banyak Waktu.

Berbelanja melalui bisnis online akan membuat Anda banyak melihat penawaran menarik. Namun, Anda juga harus menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perburuan melalui internet. Hanya orang beruntung, juga memiliki waktu dan minat yang bisa mengetahui transaksi yang menguntungkan tersebut. (*/igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini