Sukses

Tips Memilih Gorden Tepat untuk Rumah

Berikut adalah tips memilih gorden yang tepat untuk jendela rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta- Memiliki jendela yang lebar memang membantu pencahayaan alami di dalam rumah. Selain itu, menggantung batang tirai dan tirai di langit-langit untuk membuat ruangan terasa lebih tinggi - ini sangat penting dalam ruang kecil.

Meski demikian, ada saat-saat tertentu dimana jendela juga perlu dilindungi untuk membatasi pencahayaan yang masuk dan keluar, serta melindungi dari berbagai kemungkinan buruk yang dapat timbul.

Bagaimana cara memilih gorden yang tepat untuk jendela rumah? Berikut adalah kiatnya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

1. Ukur jendela dengan benar

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur jendela Anda dan membuat penyesuaian tergantung pada bagaimana Anda ingin menggantung gorden atau tirainya. Mengukur dengan angka yang tepat akan menghemat waktu Anda untuk bolak -balik ke toko.


3 dari 5 halaman

2

2. Pilihan warna dan motif

Memilih warna dan motif gorden yang tepat untuk ruangan bisa jadi gampang-gampang susah. Pasalnya apabila Anda kurang tepat dalam memilih motif, bisa jadi, ruangan di rumah malah terllihat lebih sesak dna suram. Potret ruangan dan konsultasikan hal ini dengan desainer interior tempat Anda membeli gorden.


4 dari 5 halaman

3

3. Panjang dan lebar gorden

"Jika Anda melihat tirai siap pakai, pastikan bahwa mereka menyentuh lantai, bahkan jika Anda harus membeli ukuran berikutnya," ujar desainer Scot Meacham Wood sebagaimana dikutip melalui House Beautiful magazine. Gorden yang terlalu pendek akan terlihat aneh di ruangan, bahkan ada kemungkinan orang luar dapat mengintip melalui bagian jendela yang tidak tertutup gorden.

Selain memperhatikan panjang, secara tradisional, Anda harus melihat pada 2 sampai 2,5 kali lebar jendela agar gorden terlihat penuh secara cukup. Jadi, jika lebar jendela Anda adalah 4 kaki, maka lebar panel gorden yang menutup jendela harus setidaknya 8 kaki, atau bahkan lebih baik, 10 meter.


5 dari 5 halaman

4

4. Hindari panel besi

Dengan cuaca Asia yang cenderung lebih lembab, maka besi akan lebih mudah berkarat. Hindari model panel besi untuk menggantung gorden. Pilihlah panel bahan aluminium atau kuningan agar panel bertahan lebih lama dari cuaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini