Sukses

Cultural Triangle, Situs Arkeologis Terbesar di Sri Lanka

Situs arkeologis yang paling terkenal di Sri Lanka disebut Cultural Triangle. Tempat ini bahkan menjadi rumah bagi lima situs warisan dunia.

Liputan6.com, Jakarta Sri Lanka saat ini mungkin paling dikenal dengan pantainya yang penuh dengan pepohonan, terutama pohon palem. Tetapi, sebenarnya Sri Lanka tidak hanya memiliki pantai yang indah, melainkan juga banyak warisan budaya yang berupa situs arkeologis yang menakjubkan.

Situs arkeologis yang paling terkenal di Sri Lanka dikenal dengan sebutan Cultural Triangle. Tempat ini bahkan menjadi rumah bagi lima situs warisan dunia versi UNESCO.

Dibangun pada akhir abad ke-5, pemerintah Sri Lanka baru mulai melakukan proyek pelestarian tempat ini pada tahun 1982. Penasaran? Berikut beberapa fotonya dari BBC, Kamis (27/11/2014).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

The Frescos of Sigiriya

The Frescos of Sigiriya

Cultural Triangle di Sri Lanka (1)

Menurut legenda, Raja Kasyapa membangun istana Sigiriya sebagai benteng pertahanan. Pada tahun 477, Raja Kasyapa melarikan diri karena telah membunuh adiknya sendiri dan dia takut adanya balas dendam dari saudaranya yang lain. Benar saja, salah satu saudaranya akhirnya balas dendam. Foto di atas adalah lukisan dari istri favorit Raja Kasyapa.

3 dari 6 halaman

Ancient Water Gardens

Ancient Water Gardens

Cultural Triangle di Sri Lanka (2) 

Taman air kuno ini dibangun dari batu kapur dengan arsitektur yang mirip dengan yang ada di Persia. Terkenal dengan nama Char-bagh, kolam air ini terhubung ke parit yang mengeliling istana.

4 dari 6 halaman

Hornets and Lion’s Paws

Hornets and Lion’s Paws

Cultural Triangle di Sri Lanka (3) 

Tahun 1890, tim arkeolog membersikan hutan lebat yang telah menyembunyikan Sigiriya. Pada pencarian ini, tim menemukan kepala singa besar lengkap dengan kaki dan cakar yang dipahat pada batu. Meskipun begitu, kepala patung ini roboh pada awal abad ke-20.

5 dari 6 halaman

The Kingdom

 The Kingdom

Cultural Triangle di Sri Lanka (4) 

Ini adalah sisa-sisa kerajaan lokal. Yang menarik, meskipun kerajaan ini berada di tempat yang tinggi, tetapi ada bukti bahwa di sana ada benda semacam tangki air raksasa. Bagaimana cara mengangkut air ke atas kerajaan itu masih menjadi misteri hingga saat ini.

6 dari 6 halaman

Dome of The Rock

Dome of The Rock

Cultural Triangle di Sri Lanka (5) 

Stupa kolosal ini dibangun oleh Raja Nissankamalla dengan tinggi 55 meter. Kubah ini adalah gundukan tanah yang dilapisi oleh batu bata.

Itulah beberapa foto situs purbakala yang ada di Cultural Triangle, Sri Lanka. Bagaimana, menarik bukan? 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini