Sukses

Melihat 5 Lubang Terdalam di Dunia yang Penuh Misteri

Berikut ini adalah 5 lubang terdalam di muka bumi, baik yang terbentuk secara alami maupun buatan manusia.

Liputan6.com, Jakarta- Beberapa tempat di dunia menyimpan misterinya masing-masing. Misalnya, tempat yang begitu alami dan liar karena tidak pernah terjamah manusia atau tempat-tempat eksotis tetapi bentang alamnya membuat manusia tidak mungkin mengeksplorasinya.

Salah satu objek wisata yang cukup "menantang" untuk dikunjungi adalah lubang-lubang terdalam di dunia, baik yang terbentuk secara alami ataupun merupakan buatan manusia. Bisa dibayangkan, anda berdiri melihat lubang-lubang tersebut "menyelam" jauh ke bawah tanah dan Anda hanya bisa melihatnya dari atas dengan kekaguman.

Seperti apa lubang-lubang terdalam di dunia tersebut? Berikut ulasan seperti yang dilansir dari Fox News, Sabtu (22/11/2014):

 

1. Dean Blue Hole: Long Island, Bahama

Lubang Terdalam di Dunia (1)

Dean Blue Hole adalah lubang pembuangan terdalam di dunia yang berada persis disebuah teluk dekat Clarence Town, Kepulauan Bahama. Kedalaman lubang ini lebih dari 650 meter dengan diameter yang diperkirakan antara 82-115 meter. 

 

2. Bingham Canyon open pit copper mine (Kennecott copper mine): Salt Lake City, Utah

Lubang Terdalam di Dunia (2)

The Birmingham Canyon Mine adalah lubang buatan manusia selebar 2,5 mil yang terletak di pegunungan Oquirrh, Salt Lake City, Utah, AS.  The Birmingham Canyon Mine menjadi tempat ekstraksi tembaga sejak tahun 1906 dan terbuka untuk turis antara bulan April hingga Oktober.

 

3. Chand Baori: Abhaneri, India

Lubang Terdalam di Dunia (3)

 

Chand Baori adalah sumur terbesar di India. Terletak di negara bagian Rajasthan, bangunan ini akan menyimpan air saat musim hujan. Total kedalaman sumur ini adalah 100 meter dengan 3500 buah anak tangga yang curam.

 

4. Kimberley Mine (The Big Hole): Kimberley, South Africa

Lubang Terdalam di Dunia (4)

Dengan kedalaman lebih dari 700 meter dan lebar 1.519 meter, sulit untuk percaya bahwa The Big Hole awalnya adalah sebuah bukit. Lebih dari 6.000 pon berlian telah diangkat tanpa teknologi canggih, atau dengan kata lain menggunakan cara tradisional.

 

5. Door to Hell: Derweze, Turkmenistan

Lubang Terdalam di Dunia (5)

Terhitung sejak tahun 1971, yaitu saat Uni Sovyet mulai melakukan eksplorasi, Door to Hell atau "Pintu ke Neraka" ini selalu terbakar. Hal ini disebabkan tempat tersebut memiliki kandungan gas alam yang cukup besar. Tempat mengerikan yang berada di gurun Karakum, Derweze, Turkmenistan ini memiliki lebar 230 kaki dengan kedalaman sekitar 66 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini