Sukses

Dongkrak Pariwisata, Pemprov Sumsel Gelar Musi Triboatton

Musi Triboatton III 2014 akan digelar tanggal 23-30 November 2014. Kegiatan ini diharapkan dapat menarik wisatawan.

Liputan6.com, Palembang Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), kembali menyelenggarakan Musi Triboatton III 2014 pada 23-30 November.  Ada tiga cabang olahraga yang akan diperlombakan yaitu arung jeram, kayak dan perahu naga.

Seperti yang dilansir dari Indonesia.Travel.com, Kamis (20/11/2014), gelaran ini akan diikuti oleh tim yang berasal baik dari dalam dan luar negeri. Tim yang berasal dari luar negeri, yaitu: Malaysia, Singapura, Iran, Filipina, Korea Selatan, Hongkong dan Brunei Darussalam. Sementara tim dari dalam negeri yaitu: Sumatera Selatan (dua tim), Aceh, Jawa Barat,  Jambi, Riau, Sumatera Barat, dan Bangka Belitung.

Peserta akan mengarungi Sungai Musi sepanjang 523 kilometer yang mencakup empat wilayah kabupaten dan satu kota, yaitu: Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin dan berakhir di Jembatan Ampera Kota Palembang.

Ada 5 etape yang harus dilalui, yaitu: Etape 1: Tanjung Raya-Tebing Tinggi (35 km), Etape 2: Tebing Tinggi-Muara Kelingi (140 km), Etape 3: Muara Kelingi-Sekayu (165 km), Etape 4: Sekayu-Pengumbuh (108 km), dan Etape 5: Pengumbuh-Palembang (75 km).

Menurut Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, ajang ini tidak hanya fokus pada kompetisi olahraga, namun juga mengangkat sisi pariwisata dan budaya yang dimiliki oleh Sumatera Selatan. Olahraga dinilai dapat dijadikan alat untuk menarik wisatawan.

Sungai Musi dikenal sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera, dimana peradaban manusia sepanjang zaman tidak bisa lepas dari peran sungai ini. Sungai Musi merupakan salah satu pusat peradaban yang ditandai dengan adanya Kerajaan Sriwijaya yang dipimpin raja-rajanya berdasarkan hikayat China dan guratan-guratan berita di prasasti. Jembatan Ampera yang melintas di atasnya memperindah pemandangan Sungai Musi sekarang.

Tur Sungai Musi adalah hal yang wajib dilakukan wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Palembang. Saat tur di Sungai Musi maka Anda akan menemukan beberapa tempat wisata menarik seperti Pulau Kemarau dan tempat ibadah klenteng. Masyarakat setempat mengandalkan sungai ini untuk transportasi sehingga Anda akan melihat banyak perahu motor membawa penumpang untuk menyebrang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini