Sukses

Label Perhiasan Tiffany & Co Ternyata Juga Memproduksi Pistol

Selain memproduksi perhiasan-perhiasan mewah, label Tiffany & Co juga membuat pistol-pistol mewah.

Liputan6.com Saat mendengar nama Tiffany & Co, pikiran Anda mungkin akan langsung tertuju pada kalung, cincin, atau gelang-gelang cantik. Tak salah jika gambar-gambar itu yang muncul di kepala Anda. Tiffany & Co adalah label perhiasan mewah yang didirikan oleh Charles Lewis Tiffany dan rekannya pada tahun 1837.

Namun tahukah Anda bahwa label tersebut juga sudah memproduksi 50 pistol. Senajata-senjata itu diproduksi hingga akhir abad ke-19, tepatnya sebelum tahun 1911 di mana New York mengeluarkan aturan tentang pengaturan senjata.

Pistol-pistol yang dibuat oleh Tiffany & Co bukan pistol biasa. Pistol itu tak dibuat untuk menembak melainkan sebuah karya perhiasan yang indah. Dibalut warna silver, pistol-pistol itu berhiaskan taburan batu-batu berharga.

Pierre Terjanian, Head of the Arms and Armor Department dari Metropolitan Museum of Art, New York, mengatakan “Senjata-senjata itu diproduksi sebagai simbol potensi industri dan kerajinan Amerika”. Inspirasi dari karya-karya itu beragam mulai dari adegan tembak ala Amerika hingga budaya Jepang.

Sebelum memproduksi senjata perhiasan di tahu 1880-an, Tiffany & Co membuat pedang-pedang perhiasan sebagai penghargaan untuk prajurit Amerika selama Civil War dan Mexican-American War.

“Ini adalah objek-objek penting. Objek-objek itu menunjukkan bahwa sesuatu bisa memiliki fungsi simbolis yang lebih besar dari fungsi aslinya,” ucap Terjanian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.