Sukses

Atur Dekorasi Meja Makan dengan Aturan Tradisional

Ini dia cara penataan meja makan dengan aturan tradisional.

Liputan6.com, Jakarta Meja makan merupakan hal yang paling penting jika kita sedang menjamu tamu. Bahkan pada abad pertengahan, penataan meja makan bisa menunjukkan status sosial seseorang. Orang yang mengatur sendok, garpu, dan pisau memiliki tingkatan status sosial yang tinggi. Hal ini bisa menunjukkan seberapa hebat kualitas table manner mereka.

Nah, untuk menunjang penampilan indah meja makan seperti kala itu, Anda bisa mengikuti cara menata meja makan tradisional berikut seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com, MInggu (9/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pisau

Pisau

Sebelum abad ke-18, para tamu menggunakan pisau untuk menusuk dan menahan makanan mereka. Karenanya, pisau selalu ditempatkan di sebelah kanan piring dan ujung depan sedikit mengarah ke piring. Untuk garpu diletakkan di sebelah kiri dan sendok di depan piring.

Dalam kondisi resmi, penataan pisau antara hidangan pembuka dan utama ditempatkan berbeda. Meskipun biasanya hanya disediakan satu pisau untuk semua hidangan, sebaiknya mulai sekarang segera singkirkan pisau ketika akan hidangan penutup disajikan.

3 dari 4 halaman

Garpu

Garpu

Dalam penataan meja tradisional ini, Anda harus menempatkan garpu di sebelah kiri dengan ujung depan sedikit mengarah ke piring. Pada abad ke-19, untuk menyantap hidangan saat acara formal, kita cenderung menempatkan 2-3 buah garpu. Garpu untuk hidangan penutup di tempatkan paling kiri dari piring dan disebelahnya diletakkan garpu hidangan utama dengan ukuran yang lebih besar.

4 dari 4 halaman

Sendok

Sendok

Cara penataan meja makan model tradisional ini mengharuskan Anda menempatkan sendok di sebelah kanan piring. Sendok diletakkan di sebelah kanan, di sebelah pisau. Jika sup atau hidangan utama dikeluarkan saat awal maka letakkan sendok tersebut disisi paling kanan. Jika sendok teh atau hidangan penutup diperlukan maka letakkan sendok di sisi paling kiri sendok sup dan di sebelah kanan pisau. (Jazaul Aufa/Igw).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini