Sukses

Perpustakaan di Turki Jadi Tempat Pameran Batu Alam

Selain mengoleksi buku, perpustakaan di Turki ini juga memamerkan koleksi batu-batu alam.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perpustakaan bernama Taş Kutuphanesi yang terletak di Antalya, Turki, menjadi tempat pameran hampir 1000 buah batu alam, demikian seperti dikutip dari Daily Sabah, Jumat (7/11/2014).

Menurut Humas Perpustakaan, Tutku Canidar, perpustakaan ini adalah ruang publik yang memamerkan beragam jenis batu alam dengan warna dan konfigurasi yang berbeda.

Pameran batu ini juga membantu banyak profesi lain yang berkaitan seperti arsitek dan kontraktor. Sebab, pemerintah Turki tidak memiliki informasi yang lengkap soal batu yang diekstraksi dari seluruh tambang yang beroperasi.

"Para arsitek dan kontraktor datang ke sini untuk menanyakan detail batu alam pada kami," kata Canidar. 

Selain itu, sebagian besar tambang batu di Turki memang memiliki masalah dalam hal pemasaran. Sehingga, adanya pameran batu alam ini secara langsung membantu dalam hal pemasaran. 

Batu yang dipamerkan berukuran 30x30 cm dan 60x60 cm. Total, luas ruang pameran adalah 4000 meter persegi.

Menariknya, perpustakaan ini juga sebagian besar dibangun dengan bahan dasar batu alam. Tidak heran, perpustakaan Taş Kütüphanesi ini kemudian mendapat julukan 'perpustakaan batu'.

Baca Juga: 

5 Batu Cantik dan Populer di Dunia

4 Batu Perhiasan Terlangka dan Paling Berharga di Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini