Sukses

Bebas Tugas, Pesawat Jumbo Ini Alih Fungsi Jadi Hostel

Pesawat Boeing 747 dialih fungsikan jadi hostel di Bandara Arlanda Stockholm, Swedia.

Liputan6.com, Swedia- Ingin merasakan sensasi menginap di kokpit pesawat? Anda dapat membuktikannya sendiri bagaimana sensasi tidur di kokpit pesawat dengan berkunjung ke hostel unik yang ada di Bandara Arlanda, Stockholm, Swedia.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Sabtu (8/11/2014), pesawat berjenis Boeing 747 ini dulunya menjadi armada dari maskapai Transjet Swedia dan saat ini pesawat tersebut telah diubah menjadi hostel.

jumbo-hostel-8

Pesawat ini dinonaktifkan pada tahun 2008, setelah melayani sejumlah perusahaan maskapai di seluruh dunia. Menjalani sisa hidupnya sebagai Jumbo Hostel, hostel ini dapat ditempuh 15 menit dengan berjalan kaki dari terminal utama atau dengan menumpang sebuah shuttle bus selama lima menit.

jumbo-hostel-3

Ide awal dari hostel ini sendiri bermula dari inisiatif pemilik Jumbo Stay, Oscar Dios. Oscar yang sebelumnya berencana untuk mengembangkan usaha hostelnya, mendengar ada sebuah bekas pesawat yang dijual di Arlanda. Kebetulan Oscar ingin membuat usaha di Arlanda, dan ia tidak berpikir dua kali untuk membelinya.

Pada tahun 2007, otoritas Sigtuna memberikan izin membangun kepada Jumbo Stay di pintu masuk Bandara Arlanda. Barulah pada tahun 2008, pesawat tersebut dipindahkan ke area parkir. Pesawat non-aktif dengan model 747-200 jumbo jet yang dibangun pada tahun 1976 itu pun disulap menjadi hostel.

jumbo-hostel-9

jumbo-hostel-4

Kini, hostel pesawat menjadi landmark yang dapat disaksikan dan diinapi saat berkunjung ke Bandara Arlanda. Hostel ini tidak hanya menawarkan sensasi berbeda, namun juga akses langsung ke Bandara Arlanda. Cocok bagi penumpang yang mengejar pesawat tengah malam atau pagi.

Hostel pesawat Jumbo Stay memiliki 29 kamar, dengan 4 tempat tidur di hampir setiap kamarnya. Fasilitas TV flatscreen yang menampilkan film dan jadwal penerbangan juga ada, lengkap dengan koneksi internet, dan toilet.

jumbo-hostel-5

jumbo-hostel-6

jumbo-hostel-7

Ada pun terdapat Cockpit Suite, Black Box Suite, dan satu kamar single yang punya akses privat. View dari kokpit tentu akan berbeda dan lebih spesial, layaknya seorang pilot pesawat.

Bagi yang tidak ingin menginap pun, tetap dapat menyambangi kafe yang terdapat di dalam hostel dan berkeliling. Anda bisa memesan breakfast, kopi, biskuit, es krim, sandwich, sampai makanan hangat. Bahkan ada toko suvenir untuk buah tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.