Sukses

Cantiknya 5 Ibu Negara Asia dengan Gaun Tradisional

Betapa cantiknya para ibu negara dengan busana tradisional negaranya.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang nomor satu di suatu negara, kehidupan seorang pemimpin pastinya akan menjadi sorotan rakyat. Tak hanya pribadi sang pemimpin saja, para pendamping hidup mereka pun akan menjadi sorotan. Karena hal tersebut, para pendamping mereka pun alias ibu negara mulai memperhatikan penampilan.

Sebagai Ibu negara, mendampingi suami dengan pakaian formal tampak memang sudah sepantasnya. Pakaian seperti blazer, dress, blouse, dan sebagainya pun menjadi salah satu pilihan busana.

Namun, bagaimana penampilan mereka dengan busana tradisional di negara masing-masing? Berikut ini adalah ulasan betapa cantiknya para ibu negara yang mengenakan busana tradisional negaranya masing-masing, Selasa (4/11/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ibu Negara Korea Selatan

Ibu Negara Korea

Park Geun-hye menjadi salah satu orang yang mengukir sejarah baru. Ia mengukir sejarah tak hanya di negara asalnya, Korea Selatan, tetapi juga di Asia Timur Laut. Bagaimana tidak? Dia merupakan wanita pertama yang terpilih sebagai Presiden di Korea Selatan.

Menjabat sebagai Presiden, Park Geun-Hye pun sontak menjadi sorotan masyarakat. Tak hanya kinerja saja yang dinilai, penampilannya pun dinilai masyarakat.

Untuk menghadiri beberapa acara formal, Park Geun-Hye sering terlihat tampil dengan baju tradisional Korea atau biasa disebut dengan hanbok. Hanbok sendiri memang terkenal dengan corak sulam dan paduan warna yang apik.

Sebagai Presiden dari Negara yang terkenal dengan fesyen, Park Geun-Hye pun kerap kali memakai berbagai jenis hanbok yang sudah termodifikasi. Kecantikan khas Korea pun terpancar dari Presiden Korea Selatan ini.

3 dari 6 halaman

Ibu Negara Tiongkok

Ibu Negara Tiongkok

Peng Liyuan, seorang istri dari Presiden Republik Rakyat China (RRC), Xi Jinping. Kerap tampil di depan publik, Ibu Negara Tiongkok ini berusaha untuk selalu tampil maksimal. Hal ini dibuktikannya melalui eksperimen penataan rambut dan desain baju tradisional Tiongkok yang biasa disebut dengan Qipao atau Cheongsam.

Beberapa kali Peng Liyuan terlihat memodifikasi Qipao atau Cheongsam sehingga tampil lebih modern. Ia memadukan sulaman bercorak khas etnik China dengan terusan selutut berwarna biru.

Ingin terlihat lebih formal, ia pun memodifikasi Qipao atau Cheongsam dengan bahan blazer berwarna coklat. Tak tanggung-tanggung, Qipao atau Cheongsam pendek pun bisa ia padukan dengan celana blouse berwarna putih.

4 dari 6 halaman

Ibu Negara India

Ibu Negara India

Sari atau Saree merupakan jenis kain yang identik dengan wanita India. Sari sendiri terdiri dari helaian kain sepanjang 4-9 meter yang tidak dijahit. Jenis yang paling umum ditemui adalah sari yang dililitkan di pinggang dengan ujung yang disangkutkan dari bahu ke punggung belakang. Sari biasanya dipakai untuk menutupi petticoat atau baju bagian dalam. Baju ini memiliki lengan pendek dan leher rendah.

Sebagai pakaian khas wanita India, sang Ibu Negara India, Surva Mukherjee juga terlihat sering mengenakan sari ini. Istri dari presiden India, Pranab Mukherjee, ini sering kali mengenakan sari untuk menghadiri acara formal dan bertemu orang-orang penting.

5 dari 6 halaman

Ibu Negara Jepang

Ibu Negara Jepang

Michiko Shando, istri dari Kaisar Jepang, Kaisar Akihito. Sebagai permaisuri Jepang, Michiko pun kerap kali tampak mengenakan kimono. Kimono bagi usia muda memiliki corak yang lebih rumit dan warna yang lebih cerah. Untuk orang yang sudah lanjut usia, kimono dengan warna-warna polos pun lebih diutamakan.

Hal ini pun juga Michiko terapkan. Terlihat foto ketika ia muda, ia memakai kimono dengan corak gambar daun bambu, roda, rumah, dan burung. Warna oranye segar pun dipilihnya. Sedikit beranjak tua, ia pun mulai memakai warna-warna yang lebih lembut seperti krem dan abu-abu.

6 dari 6 halaman

Ibu Negara Indonesia

Ibu Negara Indonesia

Saat ini, siapa yang tak kenal dengan Iriana? Istri dari Presiden Indonesia ke-7 ini menjadi salah satu sorotan masyarakat Indonesia. Tak hanya karena mendampingi kerja suaminya, gaya rambut dan busana. Pemilihan yang salah, bisa membuat ibu dari tiga anak ini mendapat komentar negatif.

Indonesia memiliki berbagai baju tradisional. Namun, nampak ingin mengembalikan baju klasik Indonesia, Iriana pun mengenakan kebaya kutu baru saat pelantikan suaminya, Senin (20/10/2014).

Model kebaya kutu baru ini memiliki khas pada bagian tengah depan, yaitu adanya tambahan kain yang menjadi penghubung antara bagian kiri dan kanannya. Tak hanya saat itu saja, Iriana pernah tampak mengenakan kebaya kutu baru ketika open house saat lebaran lalu.

Iriana Jokowi tampil cantik khas Indonesia saat mengenakan kebaya-kebaya ini. (Jazaul Aufa/Igw).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini