Sukses

Cantiknya Pemandangan di Pulau Tunda

Pemandangan di Pulau Tunda tak kalah dengan di Bali.

Liputan6.com, Serang- Tak hanya Kepulauan Seribu, wilayah kepulauan yang dekat dengan Jakarta juga ada di provinsi Banten. Ya, Banten ternyata memiliki tempat wisata 64 pulau kecil yang tak kalah indahnya dengan kepulauan Seribu. Salah satunya adalah Pulau Tunda.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Tunda yang memiliki luas 300 hektar, bisa menaiki perahu dari Pelabuhan Karangantu, Kota Serang. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam lamanya. Selama di perjalanan, wisatawan akan disajikan oleh pulau-pulau kecil dan burung yang sedang memangsa ikan di lautan lepas.

Pulau Tunda tak hanya menampilkan pemandangan pantai yang indah, tetapi juga menampilkan terumbu karang dan biota laut yang tak kalah dengan kepulauan Raja Ampat, Papua.

"Kita butuh perhatian lebih dari pemerintah, biar wisatawan makin banyak yang kesini. Permasalahannya, kapal yang nganter kesini (Pulau Tunda) kurang," kata Rosyid, ketua Karang Taruna Karya, penggerak wisata di Pulau Tunda.

Mahasiswa yang pernah berkuliah di IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten, Kota Serang ini pun mengatakan bahwa untuk memajukan pariwisata di Banten harus melibatkan semua sektor. Seperti infrastruktur jalan dan ketersediaan home stay bagi wisata yang ingin menginap di Pulau Tunda. "Wisata pantai kita ga kalah sama Bali," terangnya.

Dari Pulau Tunda, kita bisa melihat samar-samar Anak Gunung Krakatau mengeluarkan hembusan asapnya. Jika para wisatawan ingin menginjakkan kakinya ke Anak Gunung Krakatau, bisa menaiki kapal kecil dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam lamanya.

Pulau Tunda memiliki banyak spot memancing yang bisa memanjakan para pemancing. Selain itu, di Pulau berpenghuni 1.700 jiwa ini, para wisatawan bisa menyewa rumah warga sebagai Homestay dengan harga yang relatif terjangkau dan sudah mendapatkan makan sebanyak 3 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.