Sukses

Asyiknya Nonton Sepak Bola Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Asyiknya, berwisata ke Taman Nasional Way Kambas sambil menonton sepak bola gajah.

Liputan6.com, Lampung- Melepas penat dengan menikmati keindahan alam Indonesia pastinya sangat menyenangkan. Salah satu tempat wisata alam yang menarik adalah Taman Nasional Way Kambas. Taman nasional yang terkenal sebagai sekolah sepak bola gajah ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Berdiri pada tahun 1985, Taman Nasional Way Kambas merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia.

Populasi gajah sumatra atau Elephas maximus sumatranus terus menurun setiap tahunnya akibat perambahan hutan yang disulap jadi perkebunan. Taman Nasional Way Kambas menjadi tempat pelestarian mereka agar terhindar dari ancaman pembunuhan oleh manusia.

Taman nasional seluas 125 ribu hektar ini pertama kali diresmikan oleh Menteri Pertanian pada tahun 1982. Tempat ini tidak hanya dihuni gajah-gajah Sumatra (Elephas maximus), tetapi juga merupakan habitat bagi harimau Sumatra (Panthera sumatrae), badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis), anjing liar Asia (Cuon apinus), tapir (Tapirus indicus), dan beberapa hewan dilindungi lainnya.

Dahulu, taman nasional ini juga dinamai sebagai Pusat Latihan Gajah (PLG). Namun, beberapa tahun terakhir namanya berubah menjadi  Pusat Konservasi Gajah (PKG). Terkenal sebagai taman nasional perlindungan gajah, diharapkan taman nasional ini mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan, dan konservasi.

Kabarnya, di daerah ini gajah liar seringkali mengamuk dan merusak pemukiman. Oleh karena itu, Taman Nasional Way Kambas melatih dan mendidik gajah dengan bantuan para pawang. Gajah pun telah terdidik dan berubah. Mereka tak lagi mengamuk, tetapi secara sukarela mereka membantu melakukan berbagai tugas, seperti mengangkut kayu dari hutan.

Gajah terdidik ini telah piawai untuk melakukan berbagai atraksi seperti menari, duduk, bahkan melompati beberapa orang. Gajah pun dapat menampilkan kebolehannya dalam permainan sepak bola sehingga Taman Nasional Way Kambas terkenal sebagai sekolah sepak bola gajah. Tentunya, sepak bola gajah ini memerlukan lapangan yang lebih besar dari biasanya. Tertarik untuk menonton sepak bola gajah ini? (Jazaul Aufa/Liz).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.