Sukses

Kuburan Bayi di Batang Pohon Tarra Bikin Bulu Kuduk Bergidik

Kuburan bayi Kambira, kuburan bayi di dalam pohon Tarra dapat ditemukan di Tana Toraja.

Liputan6.com, Tana Toraja Berwisata ke Tana Toraja belumlah lengkap jika Anda tidak melihat langsung kuburan bayi di dalam pohon yang diberi nama kuburan Bayi Kambira.

Seperti yang dilansir dari Sulsel.go.id, Kamis (29/10/2014), di kuburan ini, bayi yang meninggal sebelum giginya tumbuh dikuburkan di dalam sebuah lubang yang dibuat di pohon Tarra. Lubang itu kemudian ditutup menggunakan anyaman ijuk.

Pohon Tarra dipilih sebagai tempat penguburan bayi, karena pohon ini memiliki banyak getah yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu.

Dengan menguburkan bayi di pohon ini, orang-orang Toraja menganggap sang bayi seperti dikembalikan ke rahim ibunya dan mereka berharap pengembalian bayi ini ke rahim ibunya akan menyelamatkan bayi-bayi yang akan lahir kemudian.

Pohon Tarra memiliki diameter cukup besar sekitar 80 hingga 100 cm. Pemakaman seperti ini dilakukan oleh orang Toraja pengikut ajaran kepercayaan kepada leluhur.

Upacara penguburan ini dilaksanakan secara sederhana dan bayi yang dikuburkan tidak dibungkus dengan kain, sehingga bayi seperti masih berada di rahim ibunya.

Penempatan jenazah bayi di pohon Tarra ini sesuai dengan strata sosial masyarakatnya. Semakin tinggi derajat keluarga bayi tersebut, maka semakin tinggi letaknya di pohon Tarra. Bayi yang dikuburkan di pohon ini tidak diletakan sembarangan melainkan diletakkan di lubang yang mengarah ke tempat tinggal keluarganya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihat langsung kuburan ini, Anda dapat mengunjungi Desa Kambira, tidak jauh dari Makale, Tana Toraja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.