Sukses

Tips Terhindar dari Overbudget Ketika Belanja Baju Online

Wanita yang mengalami kecanduan belanja baju online cenderung akan mengalami overbudget, bagaimana cara mencegahnya?

Liputan6.com, Jakarta Kini, belanja baju bisa di mana pun. Tak harus mendatangi toko, tetapi dengan menjelajahi internet pun bisa. Pertumbuhan e-commerce untuk kebutuhan baju, sepatu, dan tas cukup tinggi sehingga belanja baju online sudah sangat digandrungi.

Wanita terkenal dengan hobi belanjanya. Para wanita inilah yang paling banyak menggandrungi kegiatan belanja satu ini. Sebenarnya, membeli barang dan berbelanja merupakan kegiatan normal yang bisa dilakukan oleh siapapun. 

Namun, belanja baju online bisa menjadi bahaya ketika seseorang mengidap penyakit shopaholic atau kecanduan belanja. Karena kecanduan tersebut, Anda akan mengalami kecenderungan untuk mengalami overbudget jika tidak segera dihentikan.

Nah, berikut tips agar Anda terhindar overbudget ketika belanja baju online:

1. Rencanakan apa yang Anda perlu beli

Pastikan sebelum Anda membuka situs belanja baju online, Anda sudah mengetahui baju apa yang sebenarnya Anda perlukan. Dengan cara ini, Anda terarah untuk mencari satu jenis baju saja.

2. Hindari penjelajahan berlebihan

Stop! Hentikan keinginan Anda ketika ingin melihat halaman-halaman yang tidak perlu. Dengan melihat terlalu banyak, Anda akan tergoda untuk membeli baju yang sebenarnya tidak diperlukan.

3. Tahan untuk melihat iklan

Memang iklan dibuat untuk mempersuasif kita membeli baju yang mereka tawarkan. Namun, ini sangat berbahaya Anda yang mengalami kecanduan belanja. Entah karena lucu atau menarik Anda akan meng-klik iklan dan berakhir dengan membeli baju yang tidak Anda perlu. Akibatnya? Anda menjadi overbudget lagi. Jadi, tahanlah!

4. Jangan membuka situs bersama dengan orang yang kecanduan belanja

Hindari membuka situs belanja baju online ketika bersama teman-teman Anda yang memiliki penyakit tersebut. Jika tidak, Anda akan mendapat dorongan lebih untuk melakukan pembelian. Mungkin teman Anda tidak memiliki masalah dengan overbudget, tapi apakah itu termasuk hal yang baik? Tentu tidak. 

5. Pertimbangkan kembali ketika akan membeli

Pertimbangkan kembali apakah baju ini memang yang Anda perlukan atau sekedar yang Anda inginkan. Jika memang baju tersebut Anda perlukan, tetapi harga masih di luar budget, tunggulah sebentar dan menabung dulu.

Jika memang baju tersebut bersifat terbatas dan jarang ditemukan, jangan khawatir karena Anda hanya akan membeli satu baju saja yang benar-benar diperlukan, bukan karena keinginan sesaat saja. Setelah itu, berpuasalah untuk membeli baju yang Anda perlukan.

Semoga tips ini bermanfaat agar Anda terhindar dari overbudget ketika Anda belanja baju online! (Jazaul Aufa/igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini