Sukses

Jokowi Bagikan 3 Potongan Tumpeng di Monas

Merayakan pelantikannya sebagai Presiden Indonesia di Monas, Jokowi bagikan 3 potongan tumpeng.

Liputan6.com, Jakarta Senin malam, (20/10/2014), Presiden terpilih Joko Widodo merayakan pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia. Bersama segenap rakyat Indonesia, Jokowi mengikuti berbagai acara di Monas.

Salah satu acara yang diselenggarakan adalah pemotongan tumpeng. Memang sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk merayakan hal-hal spesial dengan menghidangkan nasi tumpeng. Biasanya nasi tumpeng dibuat dengan menggunakan nasi kuning, yakni nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu tertentu hingga menghasilkan warna kuning.

Nasi kuning tersebut kemudian akan dibentuk menjadi sebuah kerucut atau piramida. Nasi tumpeng tersebut disajikan dengan berbagai macam lauk yang ada di sekelilingnya.

Seperti dapat dibaca pada hiasan tertulis di nasi tumpeng, nasi tumpeng yang dihadirkan dalam acara ini disebut dengan nasi tumpeng Gunung Lawu. Bumbu-bumbu dan lauk yang digunakan dalam nasi tumpeng tersebut adalah bumbu-bumbu yang didapat dari 34 provinsi di Indonesia.

Nasi tumpeng tersebut dibagikan kepada 3 perwakilan masyarakat Indonesia. Potongan tumpeng pertama dibagikan pada seorang supir taksi wanita. Untuk potongan tumpeng yang ke-2, Jokowi memberikannya pada 3 warga Jayapura yang bekerja sebagai pedagang di pasar Jayapura.

Terakhir, potongan tumpeng diberikan kepada seorang siswi SMA pemenang olimpiade fisika. Ada makna tersendiri dibalik pemotongan tumpeng tersebut. Beberapa di antaranya adalah perihal kerja keras untuk membangun bangsa dan perlambang masa depan bangsa yang gemilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini