Sukses

Nikmati Kuliner Khas Gresik

Inilah dia kuliner khas Gresik, siapa tau Anda tergoda!

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini, Kabupaten Gresik sedang heboh diberitakan karena terdapat kecelakaan truk semen. Kabupaten Gresik sendiri merupakan daerah pesisir pantai. Karena itu, gresik terkenal dengan kota penghasil semen. Gresik juga terkenal dengan wisata kulinernya, salah satunya Nasi Krawu.

Nah, inilah dia kuliner khas Gresik, siapa tau Anda tergoda!

                          

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Sudah dapat ditebak dari namanya, makanan ini berbahan dasar nasi. Perbedaan dengan nasi lainnya terletak pada cara penyajian dan lauk di atas nasi. Nasi pulen disajikan dengan daun pisang dan lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi, dan serundeng. Hm, sungguh menggugah selera!

Untuk mendapat Nasi Krawu khas Gresik ini, Anda tidak perlu repot-repot datang ke Gresik karena sudah banyak restoran yang menyajikan menu ini.

3 dari 5 halaman

Es Siwalan

Es Siwalan

Es ini bisa dibuat menjadi es dawet atau es kolak. Bahan dasarnya adalah buah Siwalan. Es dawet siwalan berisi potongan buah siwalan segar, dawet, santan, dan gula merah yang dicairkan. Sementara itu, es kolak siwalan berisi potongan buah siwalan segar pastinya ditambah dengan santan kelapa dan irisan pisang raja. Rasa manis dan legit kedua es tersebut bisa menyegarkan tubuh kembali.

4 dari 5 halaman

Otak-otak Bandeng Khas Gresik

Otak-otak Bandeng Khas Gresik

Makanan khas yang satu ini bisa menjadi buah tangan saat berkunjung ke Gresik. Otak-otak ini berbahan dasar ikan bandeng. Makanan ini bisa dibawa pulang dengan harga sekitar Rp 50.000-100.000 dan sudah bungkus rapih nan cantik untuk dibagikan ke kerabat.

5 dari 5 halaman

Jenang Jubung

Jenang Jubung

Jenang Jubung juga bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh dari Gresik. Makanan ini terbuat dari ketan hitam yang dibungkus dengan jubung atau daun pohon pinang. Adonan di dalam Jubung dibuat dari campuran ketan hitam, ketan putih, santan kelapa dan gula. Taburan wijen di atas dan telur ayam membuat rasa Jubung semakin nikmat dan berbeda dengan jenang lainnya.

Meskipun berita Kecelakaan di Gresik cukup mengagetkan, tak ada salahnya mencoba kuliner khas Gresik! (Jazaul Aufa/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini