Sukses

Festival Karawo Akan Digelar di Gorontalo

Festival Karawo akan kembali digelar di Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo- Festival Budaya Karawo akan kembali diadakan di Provinsi Gorontalo. Festival yang akan dimulai pada tanggal 15 Oktober 2014 besok ini rencananya akan menampilkan sejumlah kegiatan yang bertemakan kain khas Gorontalo, Karawo. Menurut Panitia pelaksanaan Festival Budaya Karawo 2014, Abdul Haris Hadju, dalam festival ini terdapat sejumlah kegiatan antara lain, family song karawo, festival band, fashion band, desain karawo dan lomba fotografi karawo. Selain itu, dalam festival karawo ini para peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut akan ikut terjun dalam karnaval karawo.

“Jadi banyak sekali agenda kegiatan yang kami sudah siapkan, yang pastinya semua akan bernuansa karawo” ungkap Haris Hadju kepada liputan6.com, Selasa (14/10/2014)

Festival Budaya Karawo ini rencananya akan digelar pada 15 Oktober 2014 hingga 19 Oktober 2014 dan akan dipusatkan di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Yang paling menarik dalam festival tahunan ini adalah, pada hari puncak festival akan dibentangkan kain Karawo sepanjang 25 meter, yang akan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Karawo sendiri merupakan kain sulam khas Gorontalo yang dibuat dari anyaman benang. Keunikan dari kain ini adalah kain ini hanya dapat diproses dengan menggunakan tangan manusia saja dan tak bisa dibuat dengan menggunakan tenaga mesin. Pada jaman dulu, kain karawo hanya menggunakan motif bunga, namun seiring perkembangan jaman, kini karawo telah menggunakan motif modern, seperti logo instansi dan burung. Di Gorontalo sendiri yang menjadi sentra pembuatan kain karawo adalah di Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo. (Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini