Sukses

Cek Email dan SMS-an dalam Pesawat? Bisa!

Sejumlah maskapai penerbangan besar telah membolehkan penumpang untuk menyalakan ponsel dan akses internet dalam pesawat.

Liputan6.com, Jakarta- Kini dengan kemajuan teknologi penerbangan, sejumlah maskapai penerbangan besar telah membolehkan penumpang untuk menyalakan ponsel dalam pesawat. Bahkan, sejumlah pesawat jenis dengan rute tertentu telah dilengkapi dengan wi-fi sehingga penumpang bisa mengakses internet selama penerbangan tanpa mengganggu jaringan komunikasi internal pesawat.

Air France-KLM, Lufthansa, Cathay Pacific, Gulf Air, dan Garuda Indonesia adalah salah satunya. Melalui fasilitas Inflight Connectivity, penumpang dimungkinkan untuk terhubung dengan koneksi internet sehingga dapat melanjutkan aktivitas bisnisnya selama penerbangan.

Bahkan, Garuda Indonesia memiliki fasilitas “Live TV” atau siaran televisi langsung yang terdiri dari enam channel internasional, yaitu CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC, dimana para penumpang dimungkinkan untuk dapat mengakses program siaran televisi langsung, seperti pertandingan sepakbola di saluran olahraga yang tersedia.

Khusus Garuda, penerbangan dengan fasilitas Wi-fi dan Live TV ini tersedia di rute penerbangan non-stop Jakarta – Amsterdam.

Meski demikian, aktifitas menelepon dalam pesawat tetap dilarang dan jaringan telepon tetap ditutup. Koneksi ponsel yang tersedia hanya memungkinkan untuk berkirim pesan melalui internet, baik surel (e-mail), WhatsApp, ataupun fasilitas chat yang menggunakan jaringan internet.

Lagipula, Anda pasti keberatan jika penumpang lain berisik ketika menelepon, kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.