Sukses

Tiga Memorabilia Kapal Titanic Kembali Dilelang

Barang peninggalan kapan Titanic kembali dilelang.

Liputan6.com, Jakarta Karamnya kapal Titanic yang menewaskan lebih dari ribuan penumpangnya yang terdiri dari berbagai latarbelakang kelas ekonomi dan status sosial telah meninggalkan banyak kenangan hingga saat ini.

Seperti yang dilansir dari Dailyecho, Minggu (12/10/2014), benda-benda peninggalan Titanic yang kaya akan kenangan kini kembali dilelang. Kali ini barang yang akan dilelang adalah sebuah kertas yang bertuliskan daftar menu makanan, kartu pos dan denah kabin yang selama ini disimpan oleh keluarga Elise Lurette.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga Fantastis

Ketiga barang peninggalan Titanic tersebut pun ditawarkan dengan harga fantastis hingga mencapai miliaran rupiah. Di antara ketiganya, kertas berisi menu makanan bertanggal 12 April 1912 atau 2 hari sebelum Titanic menabrak gunung es adalah yang termahal di pelelangan oleh Devizes. Tak tanggung-tanggung, selembar kertas yang dikantongi penumpang bernama Elise Lurette itu ditawarkan dengan harga awal USD 110 ribu atau Rp 1,3 miliar.

3 dari 5 halaman

Kertas Daftar Menu Makanan

Dari kertas itu tampak Elise mencoret Welsh Rarebit dan telur Omer Pacha yang sudah diambil oleh majikannya. Daftar makanan lainnya juga tersedia seperti daging domba panggang, kentang, greengage tart, ikan salmon mayones, termasuk juga Roquefort dan St Ivel (Sebuah merk keju dan produk susu dari Inggris).

Menu makanan itu dikabarkan satu-satunya benda peninggalan Titanic 2 hari sebelum karam karena selama ini yang paling banyak ditemukan saat karam yaitu 14 April 1912.

4 dari 5 halaman

Kartu Pos Bergambar Titanic

Rencananya ketiga benda tersebut akan dijual di Devizes pada 18 Oktober 2014. Kondisi barang yang ditemukan itu cukup baik, dan ada coretan tangan asli dari Elise Laurette. Kartu pos bergambar Titanic ia tulis dan dikirimkan pada keponakannya itu dilelang seharga Rp 118 juta. Kondisi kartu pos Elise juga cukup baik, walaupun ada sedikit sobelakan di perangkonya.

5 dari 5 halaman

Denah Kabin

Sedangkan denah kabin (deck plan) dihargai Rp 354 juta. Dari deck plan yang dibawa Elise juga ada tulisan "Departe le 10 Avril" yang artinya berangkat pada 10 April. Ia juga menyilang nomor kabin yang ia tempati agar mudah menemukan tempatnya.

Lebih lanjut, Menurut Encyclopedia-titanica.org, Elise Lurette sendiri merupakan seorang pembantu keluarga Spencer yang kaya raya. Ia yang berumur 59 tahun kala kapal Titanic tenggelam itu berhasil selamat bersama majikannya, Marie Spencer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.