Sukses

Misteri 'Tangan' Raksasa di Gurun Atacama Chile

Tangan raksasa di gurun Atacama Chile ternyata karya seniman ternama Mario Irareazabal dari Chile.

Liputan6.com, Chile Anda pasti akan tercengang saat berkujung ke Gurun Atacama di Chile. Pasalnya di gurun tersebut terdapat tangan raksasa yang menjulang tinggi, muncul di tengah gurun.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Kamis (8/10/2014), tangan raksasa yang menjulang dari permukaan gurun tersebut ternyata merupakan karya seniman ternama asal Chile bernama Mario Irareazabal.

hand-of-atacama-1

Patung tangan tersebut diberi nama The Hand of Atacama Desert atau Mano del Desierto dalam bahasa aslinya. Dari jauh, patung ini tampak seperti peninggalan peradaban kuno.

Namun sebenarnya tidaklah demikian. Patung tersebut sengaja dibuat untuk menyerupai bangunan kuno. Patung ini punya makna, untuk mengingat jasa para korban rezim militer di Chile.

hand-of-atacama-4

hand-of-atacama-6

Lebih lanjut, patung berbentuk tangan setinggi 11 meter ini terbuat dari besi dan semen. Saat pembuatannya, patung ini didanai oleh organisasi bernama Corporacion Pro Antofagasta. Patung ini sendiri diresmikan pada tanggal 28 Maret 1992 dan berlokasi sekitar 75 km sebelah selatan Kota Antofagasta di Chile. Selain di Gurun Atacama, kehadiran tangan raksasa ini juga dapat Anda jumpai di Uruguay dan Spanyol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini