Sukses

Pameran Batik Kerajaan - Batik Desainer di Hari Batik Nasional

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, Pameran Batik Warisan Budaya diselenggarakan. Dari batik kerajaan hingga desainer ditampilkan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Ibu Negara RI Ani Yudhoyono hadir di Kementerian Perindustrian Jakarta, Kamis 2 Oktober 2014. Kehadiran beliau sekaligus untuk meninjau pameran batik nusantara.

“Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga sebab batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Kita harus tetap menjaga batik agar tidak punah," ucap First Lady Indonesia dalam pidatonya.

Peringatan Hari Batik didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 yang menetapkan 2 Oktober sebagai peringatan batik sebagai Warisan Dunia untuk Budaya Lisan dan Tak Benda.

Untuk memperingati Hari Batik, Kementerian Perindustrian dan Yayasan Batik Indonesia menggelar pameran batik nusantara bertajuk Pameran Batik Warisan Budaya Bangsa pada 30 September 2014 - 3 Oktober 2014.

Dalam pameran tersebut ditampilkan batik-batik kuno dari sejumlah kerajaan di Indonesia, antara lain batik dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, Pura Pakualaman, Pura Mangkunagaran, dan Kasunan Surakarta Hadiningrat.

Selain memamerkan kain batik kuno, pameran ini juga menghadirkan 54 perajin batik dan peragaan busana batik Sogan dari 8 perancang busana ternama, di antaranya adalah Barli Asmara, Oscar Lawalata, Danar Hadi, Iwan Tirta, Didiet Maulana, Era Soekamto, Stephanus Hamy dan lain sebagainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini